Anda belum login :: 02 Jun 2025 18:28 WIB
Detail
ArtikelAntara Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar : Di Balik Kebijakan Ada Konstruk Berpikir  
Oleh: Supriadi, Dedi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Analisis CSIS vol. 29 no. 3 (2000), page 347.
Topik: sekolah dasar; taman kanak-kanak; kebijakan; konstruk berpikir
Fulltext: Antara Taman Kanak-kanak final.pdf (3.02MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: AA44.10
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTujuan penyelenggaraan pendidikan taman kanak-kanak (TK) pada intinya adalah sebagai wahana pengembangan pribadi secara utuh. Tetapi pada kenyataannya TK menjadi ibarat kepanjangan tangan dari sekolah dasar yang sarat dengan muatan akademik. Ini berarti terdapat inkonsistensi antara peraturan dan penyelenggaraan pendidikan TK karena lebih menonjolkan tujuan-tujuan pragmatis instrumental daripada tujuan-tujuan intrinsik pendidikan. Selain menyimpang dari ide dasar penyelenggaraannya, Pendidikan TK juga menjadi bias perkotaan karena sebagian besar berada di perkotaan dan berorientasi pada kelas menengah kota. Kritik lain yang perlu mendapatkan perhatian adalah bahwa penyelenggaraan pendidikan TK kurang memberikan perhatian kepada anak-anak yang kurang beruntung dan kurang memberikan ruang bagi tumbuhnya pendidikan alternatif. penyebabnya adalah bahwa pendidikan TK didesain secara seragam dan nasional serta harus tunduk pada aturan-aturan yang berlaku secara nasional misalnya dalam hal kurikulum, lingkup program maupun model pengelolaan sumber daya manusia. Problem ketidakmampuan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan secara merata tidak hanya menjadi penyebab terjadinya disparitas baik antar jenjang pendidikan maupun antar daerah, tetapi juga mengakibatkan rendahnya anggaran pendidikan yang diberikan terutama untuk tingkat TK. masalah ini menjadi..........
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)