Anda belum login :: 30 Apr 2025 17:11 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peningkatan Kinerja Campuran Beraspal Dengan Karet Alam Dan Karet Sintetis
Oleh:
Suroso, Tjitjik Wasiah
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Jalan-Jembatan vol. 24 no. 1 (Apr. 2007)
,
page 14-25.
Topik:
Aspal
;
Karet alam
;
Karet sintetis
;
Stabilitas Dinamis
;
Kecepatan Deformasi
;
Modulus Resilien
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ9.1
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Salah satu upaya meningkatkannya mutu aspal agar perkerasan dapat tahan terhadap terjadi deformasi adalah dengan menambahakan karet kedalam aspal. Terdapat dua macam karet yaitu karet alam dan karet sintetis. Karet alam banyak terdapat di diperkebunan-perkebunan Indonesia dengan demikian penggunaannya baik karet alam maupun karet sintetis dapat tepat guna dan sesuai ditemui di perkerasan-perkerasan jalan yang ada di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Penggunaan karet alam telah banyak diguanakan, namun karet alam adalah bahan organik yang mudah teroksodasi dan terpolimerisasi oleh sinar ultra violet, sehingga mengurangi sifat elastis dari karet alam. Sedangkan karet sintesis adalah karet buatan yang mengurangi sifat negatif dari karet alam yaitu ketahanannya terhadap oksidasi dan pengaruh cuaca karet sintetis labih dari karet alam. MAkalah ini merupakan hasil penelitian pengaruh penambahan karet alam dan karet sintetis terhadap mutu aspal dan kinerja campuran beraspal dengan pengujian Marshall, Modulus Resilien dengan alat UMATTA dan Stabilitas Dinamis serta kecepatan Deformasi dengan alat Wheel Tracking Machine. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan karet sintetis pada aspal memberikan sifat-sifat yang lebih baik di bandingkan penambahan karet alam terhadap aspal, khususnya ketahanan terhadap pelapukan, titik lembek, Stabilitas Dinamis dan Kecepatan Deformasi. Sedangkan pada sifat Modulis Resilien campuran beraspal, dengan penambahan karet sintetis mempunyai ketahanan terhadap temperatur yang lbih rendah. Dengan demikian aspal plus karet sintetis lebih cocok/sesuai digunakan pada lalu lintas padat dan berat dibandingkan dengana aspal yang ditambah karet alam di tinjau dari ketahanan terhadap deformasi permanen
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)