Anda belum login :: 23 Nov 2024 19:32 WIB
Detail
ArtikelPerbedaan Sikap Mahasiswa Atas Wawasan Dan Perjuangan Kartini Berdasarkan Pemahaman Mereka Atas Wawasan Dan Perjuangan Kartini  
Oleh: Subakti, Y.R. ; Moedjanto, G.
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 7 no. 1 (Oct. 1996), page 107-130.
Topik: PERJUANGAN; sikap mahasiswa; perjuangan kartini
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelUraian singkat di bawah ini merupakan resume dari suatu penelitian yang bertujuan untuk memaparkan perbedaan sikap mahasiswa atas wawasan dan perjuangan kartini berdasarkan pada pemahaman mahasiswa atas wawasan dan perjuangan kartini. Untuk mencapai tujuan ini disusunlah instrumen sebagai alat tes tentang sikap mahasiswa terhadap wawasan dan perjuangan kartini dan juga alat tes untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap wawasan dan perjuangan kartini. Bentuk tes tersebut adalah skala sikap menurut model likert dengan lima alternatif dan tes pemahaman mahasiswa terhadap wawasan dan perjuangan kartini. Penelitian ini dilakukan di universitas sanata dharma yogyakarta dengan mengambil tempat di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas sastra dan fakultas ekonomi. Masing - masing fakultas diambil sampel sebagai responden adalah mahasiswa semester II. Metode penlitiannya yakni ex post facto dengan disain faktorial 3 x 2 x 2. Cara pengambilan sampel dengan random sampling dengan besarnya sampel 342 mahasiswa. Data tentang pemahaman dan sikap mahasiswa terhadap wawancara dan perjuangan kartini dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisi data menggunakan uji anava 3 jalur. Dari penelitian ini terlihat bahwa sikap mahasiswa terhadap wawasan dan perjuangan kartini berdasarkan asal SMTA mahasiswa tidak terdapat perbedaan karena F hit < F tab (1,3907 < 3,13) dalam taraf a 0,05. Sikap mahasiswa terhadap wawasan dan perjuangan kartini berdasarkan jenis kelamin mahasiswa, terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa pria dengan mahasiswa wanita yaitu F hit > F tab (5,2663 > 3,98) dalam a 0,05. Sedangkan untuk sikap mahasiswa terhadap wawasan dan perjuangan kartini berdasarkan pemahaman mereka terhadap wawasan dan perjuangan kartini terdapat perbedaan yang signifikan, yaitu F hit > F tab (10,1906 > 3,98) dalam a 0,05. Demikian juga untuk sikap terhadap wawasan dan perjuangan kartini berdasarkan interaksi antar variabel tidak terjadi. Artinya tidak terjadi interaksi antar variabel dalam mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap wawancara dan perjuangan kartini. Hasil penilaian tersebut memberikan arti penting bahwa dalam penanaman sikap dan pemahaman terhadap wawasan dan perjuangan kartini. Hal ini disebabkan wawasan dan perjuangan kartini secara eksplisit diajarkan kepada para siswa SMTA di dalam mata pelajaran sejarah. Akibatnya guru dituntut tidak hanya mengajarkan materi kesejarahan saja kepada para siswa, tetapi juga harus menyampaikan nilai - nilai yang terkandung di dalam pelajaran sejarah, dalam hal ini termasuk nilai - nilai dalam wawancara dan perjuangan kartini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)