Anda belum login :: 17 Feb 2025 07:37 WIB
Detail
ArtikelMenelusuri Pelajaran Bahasa Indonesia SD dari Kurikulum ke Kurikulum  
Oleh: Soewandi, A.M. Slamet
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 8 no. 2 (Apr. 1998), page 37-50.
Topik: BAHASA INDONESIA; pelajaran bahasa indonesia
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPerjalanan pelajaran bahasa indonesia (PBI) dari kurikulum ke kurikulum menarik untuk diselidiki, lebih - lebih perjalanan PBI di sekolah dasar. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui di mana kedudukan PBI, apa tujuan pelajaran yang ingin dikejar dan asumsi apa yang mendasari pelaksanaan pengajarannya. Ditemukan bahwa PBI untuk masing - masing kurikulum (K-68 , K-75 , K-84 dan K-94) mempunyai : 1. misi yang berbeda - beda 2. tujuan yang berbeda - beda, dan karena itu 3. penekanan (orientasi) kegiatan berbeda - beda pula. Dari sudut misinya ternyata PBI-SD K-68 termasuk kelompok mata pelajaran pembinaan arah misi itu. Dari sudut tujuannya dalam praksisnya PBI - SD dan K-75 masih menekankan penguasaan pengetahuan tentang bahasa, sedangkan dua kurikulum yang lain lebih menekankan penggunaan bahasa. Dari sudut orientasi kegiatan, kurikulum PBI-SD K-68 lebih menekankan kegiatan guru, sedangkan tiga kurikulum yang lain sudah menekankan kegiatan mahasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)