Anda belum login :: 24 Nov 2024 22:33 WIB
Detail
ArtikelMiskonsepsi Tentang Probabilitas Pada Siswa SLTP dan SMU  
Oleh: Suparno, Paul [S.J.]
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 8 no. 2 (Apr. 1998), page 17-30.
Topik: PROBABILITAS; miskonsepsi; probabilitas
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSiswa SLTP dan SMU kerapkali mempunyai miskonsepsi dalam mempelajari probabilitas. Miskonsepsi tersebut antara lain disebabkan karena pemikiran representatif, availabilitas, kesulitan linguistik, kesulitan matematis logis, pemikiran kausal yang tidak tepat, serta kepercayaan yang deterministik. Usaha untuk membantu mengatasi miskonmsepsi perlu melihat alasan utama mengapa siswa salah mengerti, kemudian baru mencari metode yang cocok. Beberapa usaha membantu mengatasi miskonsepsi kebanyakan menekankan kegiatan belajar emngajar yang membuat siswa sadar bahwa konsep mereka tidak tepat sehingga tertantang untuk mengubahnya. Hal ini antara lain dilakukan dengan menghadapkan siswa pada pengalaman real yang berlainan dengan menghadapkan siswa pada pengalaman real yang berlakinan dengan gagasan awal mereka (pengalaman anomali atau konflik), pendalaman term - term probabilisitik yang digunakan, dan pemahaman pemikiran matematis yang tepat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)