Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:57 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Manhaj al-Ta'Tim al-Lugha al-'Arabiyya li-Ghair al-Natiqin biha li-Hadf Khass: Fahm al-Qur'an al-Karim
Oleh:
Effendy, Ahmad Fuad
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Al-jami'ah Journal of Islamic Studies (Fulltext) vol. 44 no. 2 (2007)
,
page 415-428.
Topik:
syllabus
;
learning
;
materials
;
method and evaluation
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
AA62
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Terdapat hubungan segitiga antara Al-Qur'an, Bahasa Aran dan Umat Islam. Namun pada kenyataanya, banyak orang Islam non-Arab yang tidak memahami Al-Qur'an karena kendala bahasa. Di era gobal ini banyak kalangan terpelajar yang berminat memahami Al-Qur'an tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk mempelajari bahasa Arab secara umum. Maka diperlukan program pembelajaran bahasa Arab untuktujuan khusus, yakni untuk memahami Al-Qur'an. Dalam tulisan ini disajikan rancangan silabus pembelajaran bahasa Arab, berdasarkan konsep-konsep pokok pembelajaran bahasa Arab mutahir, yang meliputi tujuan, materi, metode dan sistem evaluasi. Tujuan pembelajarannya adalah tercapainya kompetensi komunikatif terbatas, yaitu menyimak dan membaca ayat-ayat Al-Qur'an dan kemampuan mengembangkan kompetensi tersebut secara mandiri. Materi pokoknya ayat-ayat Al-Qur'an yang dipilih berdasarkan kandungan kosa kata dan struktur yang tinggi frekwensi pemakaiannya dalam Al-Qur'an, dilengkapi dengan latihan-latihan. Metode yang digunakan gabungan antara metode kognitif dan membaca.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)