Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:57 WIB
Detail
ArtikelManhaj al-Ta'Tim al-Lugha al-'Arabiyya li-Ghair al-Natiqin biha li-Hadf Khass: Fahm al-Qur'an al-Karim  
Oleh: Effendy, Ahmad Fuad
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Al-jami'ah Journal of Islamic Studies (Fulltext) vol. 44 no. 2 (2007), page 415-428.
Topik: syllabus; learning; materials; method and evaluation
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: AA62
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTerdapat hubungan segitiga antara Al-Qur'an, Bahasa Aran dan Umat Islam. Namun pada kenyataanya, banyak orang Islam non-Arab yang tidak memahami Al-Qur'an karena kendala bahasa. Di era gobal ini banyak kalangan terpelajar yang berminat memahami Al-Qur'an tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk mempelajari bahasa Arab secara umum. Maka diperlukan program pembelajaran bahasa Arab untuktujuan khusus, yakni untuk memahami Al-Qur'an. Dalam tulisan ini disajikan rancangan silabus pembelajaran bahasa Arab, berdasarkan konsep-konsep pokok pembelajaran bahasa Arab mutahir, yang meliputi tujuan, materi, metode dan sistem evaluasi. Tujuan pembelajarannya adalah tercapainya kompetensi komunikatif terbatas, yaitu menyimak dan membaca ayat-ayat Al-Qur'an dan kemampuan mengembangkan kompetensi tersebut secara mandiri. Materi pokoknya ayat-ayat Al-Qur'an yang dipilih berdasarkan kandungan kosa kata dan struktur yang tinggi frekwensi pemakaiannya dalam Al-Qur'an, dilengkapi dengan latihan-latihan. Metode yang digunakan gabungan antara metode kognitif dan membaca.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)