Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:04 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah
Oleh:
Soewandi, A.M. Slamet
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 11 no. 2 (Apr. 2002)
,
page 19-40.
Topik:
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
WW32.1
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) direncanakan mulai berlaku pada tahun ajaran 2003/2003 ini dikelas satu. Oleh karenanya, sepantasnya KBK dipahami oleh pelaksana kurikulum di lapangan, terutama guru-guru. Sebagai kurikulum baru, tentu saja, terdapat perbedaan dengan kurikulum yang lama (Kurikulum 1994). Beberapa konsep ini, di antaranya, kompetensi, visi, misi, tujuan dan sasaran, mendasari KBK. Tidak seperti Kurikulum 1994, yang memiliki tiga dokumen, KBK hanya (?) memiliki dua dokumen: (1) Kebsjaksanaan Umum Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Dasar dan Menengah, dan (2) Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran. Dokumen yang tidak ada pada KBK adalah dokumen Pedoman Pelaksanaan Kurikulum. Konsekuensinya adalah bahwa guru perlu secara kreatif menyiasati bagaimana KBK dilaksanakan, atau bahwa guru harus mengingat kembali pedoman bagaimana Kurikulum 1994 yang lalu dilaksanakan. Di dalam pedoman pertama dijelaskan mengapa perlu ada pembaruan kurikulum, prinsip-prinsip apa yang dianut, apa visi dan misi jenjang pendidikan, apa kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh tamatan, bagaimana struktur persekolahan dan struktur program kurikulum, apa saja pendukung kurikulum, dan bagaimana penilaian dilaksanakan. Di dalam pedoman kedua dijelaskan, antara lain apa fungsi dan tujuan mata pelajaran, kompetensi umum apa yang perlu dimiliki, materi pokok apa yang harus dipilih untuk mencapai kompetensi tersebut, pendekatan apa yang sesuai dan rambu-rambu apa yang perlu diperhatikan, di samping dideskripsikan kompetensi dasar, materi pokok dan indikator pencapaian hasil belajar.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)