Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:12 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Altematif Bauran Pemasaran Pada Masa Resesi  
Oleh: Cahyono, Bambang Tri
Jenis: Article from Bulletin/Magazine
Dalam koleksi: Jurnal Magister Manajemen (Jul. 1994), page 77-82.
Topik: Resesi; Tight Money Policy
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelMasa resesi dalam suatu siklus bisnis adalah suatu masa di mana kegiatan perekonomian menurun dengan tajam. Barang-barang dagangan tak mampu dijual dan menumpuk di gudang karena konsumen kekurangan daya beli. Pada masa resesi bauran pemasaran tak dapat berfungsi secara maksimal, karena permintaan efektif menjadi berkurang atau bahkan negatif. Masa resesi di Indonesia terjadi pada saat diberlakukannya kebijakan uang ketat atau lebih dikenal dengan TMP (tight money policy). Pada masa TMP pemerintah mengurangi jumlah uang beredar sebesar Rp 8,3 triliun, sehingga perbankan menaikkan suku bunganya untuk mempertahankan posisi cadangannya. Sementara itu pengusaha kekurangan modal kerja permanen, akibat dan tingginya tingkat bunga perbankan dan lebih mengalirnya uang masyarakat ke tabungan daripada ke investasi. Makalah ini membahas berbagai dampak masa resesi terhadap strategi bauran pemasaran dengan memperhatikan situasi di Indonesia pada awal tahun 1990-an.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)