Anda belum login :: 24 Nov 2024 15:23 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERENCANAAN DISTRIBUSI PRODUK SPLASH COLOGNE DORADONA DENGAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING DI BELLEZA (STUDI KASUS : AUTHORIZED DEALER BELLEZA JAKARTA)
Bibliografi
Author:
Wijaya, Albert Nata
;
Adiyatna, Hendra
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2006
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Albert Nata Wijaya's Undergraduated Theses.pdf
(568.0KB;
29 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FTI-186
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Abstract
Authorized Dealer Belleza Jakarta merupakan cabang dari PT. Belleza Sinar Utama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang direct selling kosmetik. Dalam usahanya bersaing dengan perusahaan direct selling kompetitor, Belleza dengan senantiasa menjaga ketersediaan produk di pasaran sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Permasalahannya adalah perusahaan belum memiliki jadwal pendistribusian secara terencana. Hal tersebut kadangkala menjadi penyebab terhambatnya aliran distribusi produk dari perusahaan ke unit manager. Sistem distribusi dengan menggunakan metode Distribution Requirement Planning bertujuan untuk membuat suatu perencanaan penjadwalan pendistribusian dan diharapkan dapat meminimasi permasalahan yang dihadapi perusahaan.
Dalam perhitungan Distribution Requirement Planning diperlukan beberapa input mendasar. Input tersebut adalah bill of distribution, hasil peramalan permintaan produk sepanjang periode Juli 2005 sampai dengan Desember 2005, besarnya kuantitas pendistribusian, besarnya stok pengaman, dan persediaan akhir produk yang terdapat di unit manager. Dari hasil perhitungan Distribution Requirement Planning diperoleh dua buah output. Pertama adalah perencanaan penjadwalan distribusi produk dari Authorized Dealer Belleza Jakarta ke masing-masing unit manager untuk periode Juli 2005 sampai dengan Desember 2005. Yang kedua merupakan perencanaan anggaran keuangan yang dikeluarkan dalam kegiatan distribusi, yang terdiri dari biaya distribusi produk per periode pengiriman dan biaya penyimpanan produk per periode.
Hasil perhitungan dengan menggunakan metode Distribution Requirement Planning didapat biaya yang lebih rendah. Untuk produk Doradona Splash Cologne Strawberry FRDD002411 pada unit manager 1, besarnya total biaya distribusi dengan menggunakan sistem distribusi perusahaan adalah Rp. 220.750,- sedangkan untuk biaya simpan sepanjang periode 27 hingga 38 adalah sebesar Rp. 524.828,-. Sedangkan dengan menggunakan metode Distribution Requirement Planning besarnya biaya distribusi adalah Rp. 188.700,- dan besarnya biaya simpan sebesar Rp. 491.980,-.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)