Anda belum login :: 24 Nov 2024 13:30 WIB
Detail
BukuPENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN DI APOTIK TRIJAYA
Bibliografi
Author: Subroto, Budiarto (Advisor); Damajanti, Devi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-414
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Masa sekarang ini apotik mempunyai dua profil, yaitu institusi profesi
yang memerankan peranan yang penting sebagai sarana kesehatan dan juga
perusahaan di bidang perdagangan eceran sediaan farmasi(obat dan bahan
obat) dan perbekalan kesehatan (alat kesehatan). Orientasi apotik sekarang
adalah pelanggan (customer focus oriented). Apotik berusaha untuk
memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Pemberian
pelayanan terbaik ini hanya dapat dilakukan apabila apotik mampu menjaga
bahkan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuannya antara
lain, agar apotik dapat menang atau minimal dapat bertahan di tengah
persaingan yang semakin ketat.
Upaya meningkatkan kualitas pelayanan apotik Trijaya, menarik
penulis melakukan penelitian untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan
apotik Trijaya. Melalui penelitian ini akan dapat diketahui harapan, persepsi
pelanggan dan tingkat kesenjangan antara harapan dan persepsi pelanggan
tersebut (Servqual).
Penelitian ini menggunakan metode survei terhadap pelanggan apotik
Trijaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang
menggunakan skala Likert. Pernyataan-pernyataan dalam kuesioner disusun
berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu berwujud, keandalan, daya
tanggap, jaminan dan empati.
Analisis Servqual menunjukkan bahwa semua atribut memperoleh nilai
negatif (-), artinya persepsi pelanggan lebih kecil daripada harapan
pelanggan. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney Test
menyimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi dan
harapan pelanggan.
Analisis Kepentingan - Kinerja yang tergambar dalam Diagram
Kartesius, menunjukkan atribut-atribut yang menjadi prioritas utama untuk
diperbaiki adalah ruang tunggu nyaman dan bersih; memberi pelayanan
dengan benar sejak awal, sehingga menghindari koreksi; memberi pelayanan
tepat waktu sesuai yang dijanjikan; pelayanan yang segera/cepat dari
karyawan apotik; karyawan memiliki sifat jujur dan dapat dipercaya; karyawan
memiliki pengetahuan yang dibutuhkan dalam melayani anda/pelanggan dan
anda/pelanggan mudah menghubungi apotik lewat telepon.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)