Anda belum login :: 24 Nov 2024 06:40 WIB
Detail
BukuPERANCANGAN SISTEM LANTAI JALAN pada Stasiun BusWay
Bibliografi
Author: Endi, Tri Nugroho ; Setyanto, Djoko (Advisor)
Topik: penambahan fasilitas lantai jalan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2006    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Tri Nugroho Endi Putranto's 1 Undergraduated Theses.pdf (2.7MB; 11 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTM-1710
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kepadatan penduduk yang terus meningkat di kota-kota besar dan jumlah mobil yang terus bertambah merupakan penyebab kemacetan di kota Jakarta khususnya pada jam-jam tertentu. Hal ini disebabkan kota Jakarta adalah kota metropolitan sehingga semua kegiatan, perniagaan dan perkantoran, berpusat di kota Jakarta. Untuk menanggulangi masalah kemacetan, Pemerintah Daerah kota Jakarta mengoperasikan jalur khusus busway. Diharapkan busway mampu menjadi tulang punggung transportasi di Jakarta yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan bagi penumpangnya.
Salah satu kolom dalam terbitan surat kabar Berita Kota edisi Rabu, 22 Februari 2006 menampilkan berita tentang antusiasme warga Jakarta dan sekitarnya untuk menggunakan fasilitas busway, sehingga Pemerintah Daerah kota Jakarta kini mulai melirik swasta untuk pembangunan busway koridor selanjutnya. Hal tersebut mendorong penulis untuk mencoba merancang sistem lantai jalan untuk diaplikasikan pada stasiun busway.
Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan sebuah sistem lantai jalan untuk menambah fasilitas pada stasiun busway guna memenuhi fungsi busway sebagai transportasi ibukota yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Prinsip kerja dari rancangan ini mengikuti mekanisme kerja dari conveyor dimana motor listrik dengan daya 11,7 kW,1100rpm yang kemudian putarannya direduksi dengan menggunakan roda gigi cacing sehingga putarannya menjadi 55rpm. Untuk meneruskan putaran ke poros penggerak utama digunakan sprocket dengan perbandingan transmisi 4,45 sehingga putaran pada puli penggerak step adalah 12rpm.
Sistem rancangan lantai jalan ini dirancang mampu mengangkut beban maximum hingga 7200 orang per jam dengan kecepatan lantai jalan 30m/mnt.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)