Perubahan kondisi pasar yang cepat dan perubahan kebutuhan konsumen, menyebabkan produk asuransi jiwa PT. AXA Life Indonesia mengalami berbagai modifikasi dari produk asuransi jiwa tradisional memunculkan produk asuransi jiwa unit link. Konsep dari produk asuransi jiwa unit link ini adalah suatu polis yang terdiri dari program investasi, tabungan dan perlindungan jiwa, dimana nilai polisnya berhubungan (linked) dengan harga unit dari pengelolaan professional, dalam bentuk penyertaan unit-unit dari reksadana (mutual fund). Semenjak pertama kali produk unit link diluncurkan, PT. AXA Life Indonesia mengandalkan strategi pemasaran yang terfokus pada promosi dan produk yang terbatas untuk produk unit link tersebut, yang menimbulkan dampak pada tidak tercapainya target perolehan premi produk unit link PT. AXA Life Indonesia, karena promosi dilakukan dengan menggunakan penjual perorangan dan brosur, kurang bisa maksimal dalam menjaring konsumen yang potensial, sedangkan produk awal unit link meniru produk yang sudah sukses diluar negeri tanpa menyertakan fasilitas dari produk unit link yang ditiru sehingga konsumen kurang nyaman dengan produk tersebut, sehingga diperlukan suatu formulasi baru dalam perumusan strategi pemasaran PT. AXA Life Indonesia. Oleh karena peluang-peluang, perkembangan pasar dan persaingan pada pemasaran produk asuransi jiwa unit link ini menyebabkan penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap strategi pasaran asuransi jiwa unit link PT. AXA Life Indonesia, dalam rangka meningkatkan volume penjualan dan pendapatan premi asuransinya di Indonesia, khususnya untuk produk unit link. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang baik dalam menjalankan kegiatan usahanya. Tujuan dari penulisan tesis dengan judul ?Analisis Strategi Pemasaran Asuransi Jiwa Unit Link PT. AXA Life Indonesia? adalah untuk mengetahui strategi pemasaran asuransi jiwa unit link PT. AXA Life Indonesia yang ada sekarang, permasalahan yang timbul, faktor-faktor yang menyebabkan strategi pemasaran PT. AXA Life Indonesia kurang sesuai dengan kondisi lingkungan bisnis yang ada dan bagaimana formulasi strategi pemasaran unit link yang baru yang sesuai untuk PT. AXA Life Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adala h metoda penelitian kebijakan adalah suatu proses penelitian yang dilakukan pada, atau analisis terhadap masalah-masalah sosial yang mendasar, sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertindak secara praktis dalam menyelesaikan masalah. Hasil analisis menggunakan QSPM, didapatkan formulasi strategi pemasaran baru yang tepat untuk produk unit link PT. AXA Life Indonesia ini, adalah perluasan market share dengan jaringan pemasaran yang luas dan tenaga pemasar ahli yang terlatih, dengan didukung promosi efektif dengan biaya rendah dengan tujuan meningkatkan pendapatan premi dan pencapaian target penjualan. |