Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:22 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
ANALISIS DESKRIPTIF KESENJANGAN ANTARA HARAPAN DAN KINERJA PELAYANAN (Studi Kasus PT X Cabang Y)
Bibliografi
Author:
Arli, Yulizar
;
PUDJIJOGYANTI A., CLARA R.
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2006
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
YULIZAR ARLI'S MASTER THESES.pdf
(294.0KB;
72 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
MM-399
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Ekonomi dunia telah mengalami perubahan radikal dalam dua dasawarsa terakhir,
kita telah memasuki era globalisasi yang membuat setiap perusahaan harus terus
berupaya untuk meningkatkan kinerjanya sehingga mampu bersaing dengan perusahaan
nasional maupun internasional.
Bank sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan tidak
luput dari hal tersebut. Sebagai perusahaan yang menghasilkan produk berupa jasa yang
bersifat intangible dimana konsumen tidak dapat melihat bentuk produk yang dihasilkan,
tetapi hanya merasakan manfaat dari jasa yang diberikan. Karenannya kualitas pelayanan
yang diberikan menjadi suatu faktor yang sangat penting, apabila jasa yang diterima atau
dinikmati konsumen sesuai dengan yang diharapkan maka dapat dikatakan bahwa
kualitas pelayanan yang dipersepsikan baik dan memuaskan, demikian juga sebaliknya.
PT X sebagai salah satu bank BUMN yang merupakan penggabungan empat
bank milik pemerintah mau tidak mau harus berupaya untuk meningkatkan kualitas
pelayanannya sehingga dapat memenuhi dan melebihi kebutuhan, keinginan serta
harapan nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang telah
diberikan oleh PT X kepada nasabahnya, apakah pelayanan yang diberikan telah
memberi kepuasan kepada nasabah atau belum memberi kepuasan. Puas berarti
pelayanan yang diberikan telah sesuai denga n harapan nasabah dan sebaliknya belum
puas berarti terdapat kesenjangan antara harapan nasabah dengan pelayanan yang
diberikan PT X.
Metode pengumpulan data adalah dengan membuat daftar pertanyaan kepada
responden yang merupakan nasabah PT X yang mengacu kepada 5 (lima) dimensi jasa
menurut Parasuraman dan kawan-kawan, yaitu tangible, reliability, reponsiveness,
assurance dan empathy. Isi kuesioner dikaitkan dengan gap-gap yang menggunakan gap
analysis.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum kinerja atau
kualiatas pelayanan yang diberikan PT X tergolong baik, karena pemenuhannya sudah
mencapai 88,15 % dari pelayanan maksimal yang seharusnya dapat diberikan.
Hasil penelitian ini juga sesuai dengan hasil survei Banking Service Excellence yang
dilaksanakan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) yang dipublikasikan dalam
majalah Infobank No.313 April 2005. Bahkan hasil survei Institite of Service
Management Studies (ISMS) tentang kepuasan nasabah (customer satisfaction) kali ini
mengangkat nama ?PT X? ke posisi cukup terhormat, yakni urutan kelima yang berarti
naik enam tangga dari posisi tahun sebelumnya yang kesebelas.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.21875 second(s)