Anda belum login :: 24 Nov 2024 08:48 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Sikap Siswa Terhadap Metode Mengajar Bahasa Inggris dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Kelas II SLTPK Sang Timur Ciledug Kota Tangerang
Bibliografi
Author:
Elly M.K., Lidwina
;
Widjaja, Anny E. L.
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2006
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Lidwina Elly M.K's Undergraduated Theses.pdf
(141.0KB;
43 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-302
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari bahasa digunakan oleh setiap individu untuk bersosialisasi contohnya Bahasa Inggris yang saat ini digunakan banyak orang untuk berkomunikasi. Di sekolah pelajaran Bahasa Inggris dikenalkan sejak TK, penggunaan metode yang cocok sangat mempengaruhi sikap siswa terhadap pelajaran Bahasa Inggris yang juga mempengaruhi prestasi belajar siswa terhadap pelajaran Bahasa Inggris. Sikap siswa adalah kecenderungan untuk bereaksi secara positif (menerima) atau negatif (menolak) suatu obyek itu sebagai sesuatu yang berharga bagi dirinya. Pelajaran Bahasa Inggris bertalian dengan konsep-konsep Bahasa Inggris
Sikap siswa adalah kecenderungan untuk bereaksi secara positif (menerima) atau negatif (menolak) suatu objek berdasarkan penilaian terhadap objek itu sebagai sesuatu yang berharga bagi dirinya. Metode mengajar adalah cara dalam pengajaran / pembelajaran yang dipilih dan di gunakan guru untuk mempelajari materi agar mencapai tujuan pembelajaran. Prestasi belajar adalah hasil yang dapat di capai seorang siswa yang diperoleh dari kegiatan belajarnya setelah evaluasi belajar dilaksanakan. Siswa SLTP termasuk masa remaja awal dimana masa remaja itu menunjukkan dengan jelas masa transisi/ peralihan karena remaja belum memperoleh status orang dewasa tetapi tidak lagi memiliki status kanak-kanak.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris dengan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas II SLTP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian kolerasional. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SLTP Sang Timur. Subyek untuk uji coba sebanyak 48 siswa dan subyek untuk penelitian sebanyak 72 siswa.
Alat ukur yang dipergunakan untuk penelitian ini adalah skala sikap tentang pembelajaran Bahasa Inggris. Tehnik statistik yang digunakan adalah kolerasi product moment dengan program statistika SPSS versi 11.0. Hasil uji coba instrumen yang diberikan kepada 48 siswa SLTP kelas II pada skala sikap terhadap metode mengajar diperoleh 13 pernyataan dari 16 pernyataan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,83. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya kolerasi positif yang signifikan antara sikap siswa terhadap metode mengajar Bahasa Inggris dengan prestasi belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin positif sikap siswa terhadap metode mengajar Bahasa Inggris maka akan semakin tinggi prestasi belajar yang dicapai. Semakin negatif sikap siswa terhadap metode mengajar Bahasa Inggris maka akan semakin rendah prestasi yang dicapai.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada kepala sekolah agar meningkatkan ketrampilan guru mengajar dengan cara menyediakan sarana dan prasarana, media yang diperlukan guru untuk dapat mengajar kreatif dan mendukung program guru Bahasa Inggris seperti mengadakan lomba bidang studi Bahasa Inggris di lingkungan sekolah. Guru Bahasa Inggris menyusun program yang menarik dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba baik di dalam maupun di luar sekolah. Guru BK diharapkan dapat menerima keluhan siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar khususnya pelajaran Bahasa Inggris.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)