Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:19 WIB
Detail
BukuHubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Santa Maria fatima tahun Ajaran 2004-2005
Bibliografi
Author: Martiyah, Theresia ; Widjaja, Anny E. L. (Advisor); Iriantiningsih, Florentina Sri (Advisor)
Topik: Minat Baca; Prestasi Belajar; Siswa Kelas IV SD; SD Santa Maria Fatima; Tahun Ajaran 2004-2005
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Theresia Murtiyah's Undergraduate Theses.pdf (5.59MB; 39 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-006
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Bahasa merupakan alat berkomunikasi yang dipergunakan oleh setiap manusia. Siswa pada umumnya sudah mampu berbahasa dengan baik dan benar. Demikian pula dalam hal membaca, siswa kelas IV seharusnya sudah mampu tnembaca dengan baik dan lancar, karena menyadari manfaat membaca. Dengan banyak membaca, siswa akan
banyak menambah pengetahuan dan wawasan. Apalagi kegiatan membaca tersebut dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sumber bacaan banyak yang beraneka ragam, seperti ( buku, majalah, koran, komik, karangan ilmiah ) memupuk siswa untuk menambah pengetahuan.
Minat membaca merupakan sarana utama bagi seseorang yang ingin selalu berkembang dalam memperluas pengalaman dan pengetahuan, oleh sebab itu minat membaca sebaiknya ditanamkan orang tua kepada anaknya sejak usia di. Minat
membaca yang tinggi dapat mempermudah anak untuk belajar sehingga mampu menuntun mencapai cita — cita yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara minat membaca dengan prestasi belajar. Jenis penelitian mi adalah penelitian korelasional, yaitu untuk mengetahui
hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya. Subyek penelitian mi
adalah siswa-siswi kelas IV A, B, C , yang berjumlah 98 siswa. Alat ukur yang dipergunakan adalah skala penilaian. Nilai validitas item untuk variabel minat membaca sebesar 0,312 dengan nilal reliabilitas sebesar 0,83. Hasil penelitian mi menunjukkan bahwa, kedua variabel yaitu minat
membaca dan prestasi belajar tidak memiliki hubungan yang signifikan, disebabkan karena nilai korelasinya sebesar — 0,56. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat membaca yang tinggi belum tentu menunjukkan prestasi belajamya tinggi, demikian pula sebaliknya minat membaca yang rendah belum tentu menunjukkan prestasi belajarnya rendah. Walaupun hasilnya tidak memiliki hubungan signifikan antara minat membaca dan prestasi belajar, guru bertugas untuk memupuk dan mengembangkan minat membaca
siswa. Di samping itu guru memberikan tugas siswa untuk pergi ke perpustakaan dan mencari buku — buku yang bermanfaat dalam proses belajar. Dengan demikian perpustakaan sekolah sangat besar manfaatnya dalam membantu kegiatan belajar siswa. Orang tua siswa diharapkan memiliki perpustakaan kecil di rumah agar anak dapat
banyak membaca untuk menambah pengetahuan dan pengalaman.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.21875 second(s)