Bahasa merupakan alat berkomunikasi yang dipergunakan oleh setiap manusia. Siswa pada umumnya sudah mampu berbahasa dengan baik dan benar. Demikian pula dalam hal membaca, siswa kelas IV seharusnya sudah mampu tnembaca dengan baik dan lancar, karena menyadari manfaat membaca. Dengan banyak membaca, siswa akan banyak menambah pengetahuan dan wawasan. Apalagi kegiatan membaca tersebut dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sumber bacaan banyak yang beraneka ragam, seperti ( buku, majalah, koran, komik, karangan ilmiah ) memupuk siswa untuk menambah pengetahuan. Minat membaca merupakan sarana utama bagi seseorang yang ingin selalu berkembang dalam memperluas pengalaman dan pengetahuan, oleh sebab itu minat membaca sebaiknya ditanamkan orang tua kepada anaknya sejak usia di. Minat membaca yang tinggi dapat mempermudah anak untuk belajar sehingga mampu menuntun mencapai cita — cita yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara minat membaca dengan prestasi belajar. Jenis penelitian mi adalah penelitian korelasional, yaitu untuk mengetahui hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya. Subyek penelitian mi adalah siswa-siswi kelas IV A, B, C , yang berjumlah 98 siswa. Alat ukur yang dipergunakan adalah skala penilaian. Nilai validitas item untuk variabel minat membaca sebesar 0,312 dengan nilal reliabilitas sebesar 0,83. Hasil penelitian mi menunjukkan bahwa, kedua variabel yaitu minat membaca dan prestasi belajar tidak memiliki hubungan yang signifikan, disebabkan karena nilai korelasinya sebesar — 0,56. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat membaca yang tinggi belum tentu menunjukkan prestasi belajamya tinggi, demikian pula sebaliknya minat membaca yang rendah belum tentu menunjukkan prestasi belajarnya rendah. Walaupun hasilnya tidak memiliki hubungan signifikan antara minat membaca dan prestasi belajar, guru bertugas untuk memupuk dan mengembangkan minat membaca siswa. Di samping itu guru memberikan tugas siswa untuk pergi ke perpustakaan dan mencari buku — buku yang bermanfaat dalam proses belajar. Dengan demikian perpustakaan sekolah sangat besar manfaatnya dalam membantu kegiatan belajar siswa. Orang tua siswa diharapkan memiliki perpustakaan kecil di rumah agar anak dapat banyak membaca untuk menambah pengetahuan dan pengalaman. |