HERO Pasar Swalayan yang tergabung dalam Hero Group adalah suatu bisnis supermarket perdagangan secara eceran . Saat ini, Hero Pasar Swalayan telah berkembang pesat dan mempunyai jumlah konsumen yang besar. Karena banyaknya jumlah konsumen yang datang berbelanja ke Hero Pasar Swalayan dalam setiap harinya, maka timbul masalah antrian dalam sistem pelayanan di kasir, yang akan menimbulkan suatu ketidakpuasan bagi konsumen. Untuk mengatasi adanya antrian yang panjang pada saat melakukan transaksi pembayaran di kasir, maka digunakan usulan pemecahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah antrian tersebut. Usulan pemecahan masalah yang digunakan adalah dengan menentukan jumlah kasir yang optimal yang dapat meminimasi waktu menunggu konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran di kasir. Berdasarkan hasil perhitungan dengan teori antrian, kondisi yang mengalami antrian adalah kondisi-1 (Senin-Jumat Awal Bulan), kondisi-2 (Sabtu-Minggu Awal Bulan), kondisi-3 (Senin-Jumat Tengah Bulan) dan kondisi-4 (Sabtu-Minggu Tengah Bulan). Dengan usulan pemecahan yang digunakan, untuk kondisi-1 diperoleh jumlah kasir optimalnya adalah sebanyak 9 kasir dengan rata-rata waktu menunggu konsumen dalam antrian yaitu 52,71 detik dan persentase waktu menganggur kasir 11,1 %. Untuk kondisi-2 diperoleh jumlah kasir optimalnya adalah sebanyak 9 kasir dengan rata-rata waktu menunggu konsumen dalam antrian yaitu 408,95 detik dan persentase waktu menganggur kasir 2,2 %. Untuk kondisi-3 diperoleh jumlah kasir optimalnya adalah sebanyak 7 kasir dengan rata-rata waktu menunggu konsumen dalam antrian yaitu 131,67 detik dan persentase waktu menganggur kasir 7,1 %. Untuk kondisi-4 diperoleh jumlah kasir optimalnya adalah sebanyak 7 kasir dengan rata-rata waktu menunggu konsumen dalam antrian yaitu 86,89 detik dan persentase waktu menganggur kasir 8,6 %. Karena jumlah kasir optimal yang dibutuhkan adalah 9 kasir, sedangkan jumlah kasir yang terdapat pada Hero Cabang Sarinah hanya 6 kasir maka disarankan untuk menambah jumlah kasir. |