Penelitian mengenai kualitas jasa pelayanan terhadap suatu restoran cepat saji, sepeti McDonald?s Kebon Jeruk menjadi sangat penting pada saat ini dalam hubungannya dengan kepuasan pelanggan.Analisis terhadap kualitas jasa pelayanan McDonald?s sangat perlu dilakukan untuk melihat apakah pelanggan puas atau tidak terhadap pelayanan McDonald?s selama ini, yang akhirnya akan menentukan kelangsungan hidup McDonald?s di masa yang akan datang. Adapun tujuan dan penelitian ini, diantaranya: 1) Untuk mengetahui pendekatan pengukuran yang tepat dan sesuai dalam pengukuran kualitas jasa pelayanan McDonald?s Kebon Jeruk, 2) Untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap kualitas jasa pelayanan McDonald?s Kebon Jeruk dengan menggunakan pendekatan Service Quality, 3) Untuk mengetahui tingk3t kepuasan konsumen terhadap kualitas jasa pelayanan yang diberikan McDonald?s Kebon Jeruk berdasarkan pendekatan Service Quality. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan Service Quality yang telah dimodifikasi sedemikian rupa oleh Parasuraman, Zeithami, dan Berry dengan memadukan lima unsur dimensi jasa, meliputi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tan gibles. Selanjutnya kelima dimensi utama tersebut dijadikan dasar untuk dijabarkan kedalam 22 atribut untuk variabel harapan dan persepsi yang disusun dalam pernyataan-pernyataan dalam kuesioner berdasarkan skala likert atau semantic differensial, dan angka 1 (sangat tidak setuju) sampai dengan angka 5 (sangat setuju) untuk kemudian diajukan kepada pelanggan yang berkunjung ke McDonald?s Kebon Jeruk. Dan hasil analisis data dengan menggunakan pendekatan Service Quality secara keseluruhan terhadap kualitas jasa pelayanan McDonald?s Kebon Jeruk dalam hubungannya dengan kepuasan pelanggan terlihat bahwa kepuasan pelanggan masih dibawah standard yang mengindikasikan pelanggan tidak puas terhadap kualitas jasa pelayanan McDonald?s Kebon Jeruk. Dalam diagram kartesius yang memperlihatkan kondisi kualitas jasa pelayanan suatu restoran, McDonald?s Kebon Jeruk berada pada kuadran A, yang berarti kualitas jasa restoran McDonald?s Kebon Jeruk lebih rendah dan keinginan konsumen, sehingga restoran McDonald?s Kebon Jeruk harus meningkatkan kinerjanya agar kualitas jasa pelayanannya lebih optimal dan dapat memuaskan pelanggan. |