Pemasaran merupakan suatu bidang yang sangat menarik, karena dalam bidang ini begitu banyak seni dan strategi yang dipakai. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, konsep pemasaran telah mengalami begitu banyak perubahan. Mengingat persaingan bisnis yang makin hebat, maka formulasi dan perumusan strategi pemasaran haruslah tepat sasaran agar dapat sukses dan memenangkan persaingan bisnis ini. Strategi pemasaran bersifat dinamis dan fleksibel, dapat disesuaikan dengan kondisi dan posisi yang dihadapi oleh perusahaan. Strategi pemasaran dalam suatu perusahaan tidaklah bersifat permanen, tetapi terus berubah dan berkembang sesuai dengan kondisi persaingan dan perkembangan perusahaan itu sendiri. Begitu banyak metode dan cara dalam perumusan strategi, beberapa metode akan dibahas dalam tulisan tesis ini. Didalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap varibel-variabel lingkungan perusahaan baik eksternal maupun internal dengan menggunakan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats), Grand Strategy, serta beberapa matriks antara lain: EFE (Evaluasi Faktor Eksternal), EFI (Evaluasi Faktor Internal), dan QSPM. Sesuai hasil penelitian, ditunjukkan bahwa posisi perusahaan di dalam persaingan saat ini cukup baik (diatas rata-rata), dimana kekuatan utama perusahaan adalah jaringan distribusi yang baik sedangkan hambatan utama yang dihadapi perusahaan adalah konsumen (industri) / pelanggan dari luar negri yang semakin ketat dengan standar botol kemasannya, ongkos pengiriman yang mahal, frekuensi permintaan konsumen yang kurang stabil dan munculnya produk substitusi berupa botol kemasan dari bahan plastik. Beberapa strategi pemasaran hasil formulasi yang bisa diterapkan di perusahaan antara lain adalah sistem jaringan distribusi dan pemasaran botol kemasan yang harus dipertahankan dan diperluas lagi dan target pasar selektif kepada segmen perusahaan yang menguntungkan dan hanya berfokus pada ?pemain-pemain besar?. Target pasar yang bersifat selektif sebagai pertimbangan efisiensi produksi dan biaya pengiriman (dengan memperhatikan lokasi konsumen, volume pembelian, kendala dalam proses pembelian dan sistem saluran distribusi yang ada). Saran bagi perusahaan dalam strategi pemasaran produk botol kemasan adalah PT MGC perlu menjaga hubungan baik dan pendekatan dengan para distributornya agar dapat mempertahankan jaringan distribusinya yang luas, perusahaan perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk botol kemasannya agar para distributor tetap setia pada perusahaan dan akan menarik pelanggan-pelanggan baru potensial. Sebaiknya perusahaan lebih hati-hati dan teliti dalam memilih customer / pelanggannya (dalam hal ini industri) dengan memperhitungkan faktor- faktor seperti lokasi tempat pelanggan, volume pembelian, kontrak pemesana n dan pembelian produk botol kemasan, saluran distribusi yang ada, untuk menjamin keberhasilan strategi target pasar selektif. |