Anda belum login :: 17 Feb 2025 09:03 WIB
Detail
BukuFORMULASI STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI BOTOL KEMASAN (suatu studi kasus pada PT. Muliaglass Container Division)
Bibliografi
Author: Burhan, Frenky Yulia ; Subroto, Budiarto (Advisor)
Topik: MARKETING STRATEGY
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Frenky Yulia Burhan's Master Theses.pdf (242.0KB; 46 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-375
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pemasaran merupakan suatu bidang yang sangat menarik, karena dalam bidang
ini begitu banyak seni dan strategi yang dipakai. Sejalan dengan perkembangan teknologi
informasi, konsep pemasaran telah mengalami begitu banyak perubahan. Mengingat
persaingan bisnis yang makin hebat, maka formulasi dan perumusan strategi pemasaran
haruslah tepat sasaran agar dapat sukses dan memenangkan persaingan bisnis ini. Strategi
pemasaran bersifat dinamis dan fleksibel, dapat disesuaikan dengan kondisi dan posisi
yang dihadapi oleh perusahaan. Strategi pemasaran dalam suatu perusahaan tidaklah
bersifat permanen, tetapi terus berubah dan berkembang sesuai dengan kondisi
persaingan dan perkembangan perusahaan itu sendiri. Begitu banyak metode dan cara
dalam perumusan strategi, beberapa metode akan dibahas dalam tulisan tesis ini.
Didalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap varibel-variabel lingkungan
perusahaan baik eksternal maupun internal dengan menggunakan SWOT (Strengths,
Weaknesses, Opportunities, dan Threats), Grand Strategy, serta beberapa matriks antara
lain: EFE (Evaluasi Faktor Eksternal), EFI (Evaluasi Faktor Internal), dan QSPM.
Sesuai hasil penelitian, ditunjukkan bahwa posisi perusahaan di dalam persaingan saat ini
cukup baik (diatas rata-rata), dimana kekuatan utama perusahaan adalah jaringan
distribusi yang baik sedangkan hambatan utama yang dihadapi perusahaan adalah
konsumen (industri) / pelanggan dari luar negri yang semakin ketat dengan standar botol
kemasannya, ongkos pengiriman yang mahal, frekuensi permintaan konsumen yang
kurang stabil dan munculnya produk substitusi berupa botol kemasan dari bahan plastik.
Beberapa strategi pemasaran hasil formulasi yang bisa diterapkan di perusahaan
antara lain adalah sistem jaringan distribusi dan pemasaran botol kemasan yang harus
dipertahankan dan diperluas lagi dan target pasar selektif kepada segmen perusahaan
yang menguntungkan dan hanya berfokus pada ?pemain-pemain besar?. Target pasar
yang bersifat selektif sebagai pertimbangan efisiensi produksi dan biaya pengiriman
(dengan memperhatikan lokasi konsumen, volume pembelian, kendala dalam proses
pembelian dan sistem saluran distribusi yang ada).
Saran bagi perusahaan dalam strategi pemasaran produk botol kemasan adalah PT
MGC perlu menjaga hubungan baik dan pendekatan dengan para distributornya agar
dapat mempertahankan jaringan distribusinya yang luas, perusahaan perlu
mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk botol kemasannya agar para
distributor tetap setia pada perusahaan dan akan menarik pelanggan-pelanggan baru
potensial. Sebaiknya perusahaan lebih hati-hati dan teliti dalam memilih customer /
pelanggannya (dalam hal ini industri) dengan memperhitungkan faktor- faktor seperti
lokasi tempat pelanggan, volume pembelian, kontrak pemesana n dan pembelian produk
botol kemasan, saluran distribusi yang ada, untuk menjamin keberhasilan strategi target
pasar selektif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)