Anda belum login :: 24 Nov 2024 04:33 WIB
Detail
BukuAnalisis Strategi Pemasaran Produk Glass Block Window (Studi Kasus Pada PT.MGC)
Bibliografi
Author: Krisdianto ; Udaya, Yusuf (Advisor)
Topik: MARKETING ANALYSIS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Krisdianto's Master Theses.pdf (300.0KB; 30 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-373
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pemasaran produk glass block window pada tahap perkenalan saat ini belum
tergarap secara optimal. Penjualan produk yang berorientasi ekspor tersebut pada
tahun 2003 sejumlah 4314 unit melonjak tajam sebesar 5352 unit hanya dalam
triwulan pertama tahun 2004. Sampai bulan Maret 2004, total outstanding sales order
yang harus dipenuhi sebesar 2446 unit. Adanya fluktuasi permintaan tersebut
menimbulkan berbagai pertanyaan seperti: Bagaimanakah strategi pemasaran yang
digunakan sehingga pemasaran produk tersebut dapat berhasil?. Apakah bisnis pada
industri gelas, terutama produk glass block window mempunyai daya tarik yang besar?
Penelitian bertujuan untuk merumuskan suatu strategi pemasaran yang tepat
bagi perusahaan dalam memasarkan produk glass block window. Metode penelitian
deskriptif dalam bentuk studi kasus digunakan untuk dapat memberikan penjelasan
mengenai strategi pemasaran dan faktor-faktor yang digunakan sebagai dasar
penetapannya. Data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder,
dengan menggunakan teknik analisis seperti analisis SWOT, analisis lingkungan
industri, analisis STP dan analisis bauran pemasaran.
Dari hasil analisa dan pembahasan disimpulkan bahwa usaha manufaktur glass
block window memiliki daya tarik yang cukup menarik dan berprospek untuk terus
berkembang. Ancaman yang timbul dari pemasok, produk substitusi dan persaingan
antar anggota industri memiliki potensi sedang hingga besar untuk mempengaruhi
keuntungan dan posisi pasar yang dapat diperoleh perusahaan serta mengurangi
keunggulan bersaing yang dimiliki.
Pasar disegmentasikan berdasarkan jenis industri yang ada menurut standar
klasifikasi industri internasional, perusahaan mentargetkan pada industri konstruksi
dengan karakteristik pemakai akhirnya seperti kontraktor perumahan dan kontraktor
gedung yang tergolong perusahaan menengah hingga besar yang berlokasi di
Amerika. Strategi penentuan posisi yang dilakukan perusahaan berdasarkan kepada
faktor harga dan kualitas.
Perusahaan pada saat ini sedang berada pada struktur pasar oligopoli dan
menurut siklus hidup industri, produk glass block window sedang berada dalam tahap
perkenalan, perusahaan telah merumuskan suatu strategi dan program pemasaran yang
cukup tepat untuk melakukan penetrasi pasar dengan mempe rtimbangkan kekuatan
atau kelemahan yang dimiliki dan peluang serta ancaman yang dihadapi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.421875 second(s)