Pemasaran produk glass block window pada tahap perkenalan saat ini belum tergarap secara optimal. Penjualan produk yang berorientasi ekspor tersebut pada tahun 2003 sejumlah 4314 unit melonjak tajam sebesar 5352 unit hanya dalam triwulan pertama tahun 2004. Sampai bulan Maret 2004, total outstanding sales order yang harus dipenuhi sebesar 2446 unit. Adanya fluktuasi permintaan tersebut menimbulkan berbagai pertanyaan seperti: Bagaimanakah strategi pemasaran yang digunakan sehingga pemasaran produk tersebut dapat berhasil?. Apakah bisnis pada industri gelas, terutama produk glass block window mempunyai daya tarik yang besar? Penelitian bertujuan untuk merumuskan suatu strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan dalam memasarkan produk glass block window. Metode penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus digunakan untuk dapat memberikan penjelasan mengenai strategi pemasaran dan faktor-faktor yang digunakan sebagai dasar penetapannya. Data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder, dengan menggunakan teknik analisis seperti analisis SWOT, analisis lingkungan industri, analisis STP dan analisis bauran pemasaran. Dari hasil analisa dan pembahasan disimpulkan bahwa usaha manufaktur glass block window memiliki daya tarik yang cukup menarik dan berprospek untuk terus berkembang. Ancaman yang timbul dari pemasok, produk substitusi dan persaingan antar anggota industri memiliki potensi sedang hingga besar untuk mempengaruhi keuntungan dan posisi pasar yang dapat diperoleh perusahaan serta mengurangi keunggulan bersaing yang dimiliki. Pasar disegmentasikan berdasarkan jenis industri yang ada menurut standar klasifikasi industri internasional, perusahaan mentargetkan pada industri konstruksi dengan karakteristik pemakai akhirnya seperti kontraktor perumahan dan kontraktor gedung yang tergolong perusahaan menengah hingga besar yang berlokasi di Amerika. Strategi penentuan posisi yang dilakukan perusahaan berdasarkan kepada faktor harga dan kualitas. Perusahaan pada saat ini sedang berada pada struktur pasar oligopoli dan menurut siklus hidup industri, produk glass block window sedang berada dalam tahap perkenalan, perusahaan telah merumuskan suatu strategi dan program pemasaran yang cukup tepat untuk melakukan penetrasi pasar dengan mempe rtimbangkan kekuatan atau kelemahan yang dimiliki dan peluang serta ancaman yang dihadapi. |