Konsep Designing Memorable Experience adalah salah satu konsep yang diperkenalkan oleh B. Joseph Pine Ii dan James H.Gilmore pada tahun 1999 lewat bukunya yang berjudul The Experience Economy .~ Work is Theater and Every Business a Stage. Konsep ml muncul dan fakta ketidakmampuan pemasaran yang mengunakan pendekatan keunggulan dan kegunaan produk atau jasa di tengah persaingan yang begitu ketat Konsep mi merupakan cara pandang barn dalam bidang pemasaran, di mana unsur pengalaman ditambahkan sebagai salah satu upaya memenangkan persaingan dan mendapatkan loyatitas pelanggan. Pine dan Gilmore mengindentifikasikan ada Jima pnnsip dalam mendesain pealaman yang berkesan, yaitu : merumuskan tema pengalaman dengan tepat (theme the experience), mengharrnoniskan kesan dengan tandatanda positif (harmonize impressions with positive cues), menghilangkan tanda-tanda negatif (eliminate negative cues), mencampurkan kenangan dengan cinderamata (mix memorabilia) dan terakhir melibatkan pancaindera (engage all five senses). Riset mi bertujuan untuk meneliti penerapan konsep designing memorable experience pada Taman Sari Royal Hentage Spa (TSRH Spa), Jakarta |