Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:39 WIB
Detail
BukuAnalisis Hubungan Budaya Perusahaan Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Pada Restoran Cepat Saji McDonald?s Roxy Mas
Bibliografi
Author: Haidera, Arief ; Nugroho, Aloisius Agus (Advisor)
Topik: EMPLOYMENT
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2004    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Arief Haidera's Master Theses.pdf (304.0KB; 66 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-358
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Peluang dan tantangan dunia bisnis dalam menghadapi persaingan global di
era abad-21 akan semakin kompleks. Selain variabel ekonomi, agar dunia bisnis bisa
tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, maka perlu juga memberikan perhatian
dan pertimbangan dalam strategi bisnis terhadap potensi-potensi persoalan yang
berasal dari variabel sosial, moral dan etika, hukum dan politik, budaya dan teknologi
serta lingkungan.
Persoalannya adalah, bagaimana perusahaan membangun dirinya secara
berkelanjutan? Salah satu strategi yang ditempuh adalah melakukan perekayasaan atau
pembentukan budaya perusahaan yang kuat, adaptif dan transformatif. Budaya
perusahaan yang demikian diharapkan dapat berkorelasi positif terhadap peningkatan
kepuasan kerja yang kemudian dapat membawa keunggulan perusahaan dalam jangka
panjang.
Penelitian ini memfokuskan pada analisis hubungan antara budaya perusahaan
dan kepuasan kerja karyawan pada restoran cepat saji McDonald?s Roxy Mas.
Penelitian ini membatasi pada beberapa variabel-variabel budaya perusahaan
berdasarkan konsep yang dikembangkan oleh Miller (1987), yang menyebutkan ada
delapan faktor yang menjadi karakteristik budaya perusahaan, yaitu, asas tujuan, asas
konsensus, asas keunggulan, asas kesatuan, asas empirik, asas keakraban, asas
integritas. Disamping itu juga menggunakan faktor-faktor kepuasan kerja yang
dikembangkan oleh Robbins (1989) yang terdiri dari : faktor pekerjaan, faktor
promosi, faktor atasan/pimpinan, faktor rekan kerja, dan faktor gaji.
Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah: mengidentifikasi
budaya perusahaan, menganalisis kepuasan kerja karyawan, menganalisis hubungan
antara budaya perusahaan dan kepuasan kerja karyawan, serta mengidentifikasi
variabel budaya yang perlu dikembangkan lebih lanjut oleh perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan
antara budaya perusahaan dengan kepuasan kerja karyawan. Dengan demikian maka
hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan ada hubungan positif antara budaya
perusahaan dengan kepuasan kerja karyawan dapat diterima. Artinya, budaya
perusahaan dalam suatu perusahaan dapat digunakan untuk memprediksi tingkat
kepuasan kerja yang dicapai oleh karyawannya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)