PT Astra International Tbk-Daihatsu adalah perusahaan otomotif yang bertindak sebagai distributor penjualan mobil Daihatsu, komponen spare part mobil Daihatsu, dan pelayanan (service). Perusahaan ini menjadi distributor tunggal dari penjualan kendaraan Daihatsu di Indonesia. Dalam menghadapi berbagai persaingan pada industri otomotif yang semakin ketat, maka peranan penelitian persepsi konsumen dalam memilih dan membeli suatu produk sangatlah penting, karena sukses dan gagalnya suatu produk yang dipasarkan tergantung pada diterima atau ditolaknya produk itu oleh konsumen. Untuk mengetahui persepsi atau pandangan konsumen terhadap atribut-atribut mobil Daihatsu Xenia, penulis mengadakan suatu riset guna mendapatkan data yang diperlukan bagi PT Astra International Tbk-Daihatsu untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih baik. Dalam memperoleh data yang diperlukan, penulis melakukan wawancara dengan pihak perusahaan dan menyebarkan kuesioner kepada responden pengguna mobil Xenia yang berdomisili di Jakarta. Jumlah kuesioner yang digunakan dalam analisis adalah 80 kuesioner, dengan menggunakan metode sampling purposive. Atribut-atribut yang dianalisis adalah citra merek mobil Daihatsu, kemenarikan desain mobil Xenia, kualitas mobil Xenia, kemudahan dan kemurahan dalam biaya perawatan mobil Xenia, bagusnya tingkat pelayanan dealer dan bengkel Daihatsu, harga, kestrategisan tempat, dan kegiatan promosi atas mobil Xenia. Setelah data dianalisis, maka dapat ditarik kesimpulan, secara keseluruhan mobil Daihatsu Xenia memiliki kekuatan yang meliputi kemudahan dan kemurahan dalam biaya perawatan mobil, kemenarikan desain mobil, citra merek mobil Daihatsu terkenal, kestrategisan tempat, pelayanan dealer dan bengkel Daihatsu bagus, harga, dan memiliki sedikit kelemahan pada kegiatan promosi serta kualitas mobil Xenia. |