Dewasa ini kemahiran menggunakan bahasa Inggris semakin disadari masyarakat di Indonesia. Hal ini dapat dilihat menjamurnya kursus-kursus bahasa Inggris di kota-kota disebabkan karena minat masyarakat mempelajari bahasa Inggris dari segala jenjang pendidikan semakin meningkat. Pertumbuhan ini diikuti oleh persaingan dari berbagai kursus bahasa Inggris yang masing -masing menawarkan manfaat yang relatif sama dengan bagi konsumennya. Berdasarkan hal tersebut , penulis dalam penelitian ini mengetahui bagaimana kepuasan konsumen PPB Atma Jaya terhadap jasa dan fasilitas yang ditawarkan oleh PPB Atma Jaya. Dalam penelitian ini penulis melakukan survei dengan menggunakan metode convience sampling kepada 100 orang siswa PPB Atma Jaya dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penyebaran kuesioner dilakukan pada bulan November sampai dengan Desember 2004. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan skala likert. Kemudian untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen digunakan perhitungan Overall Mean Score. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden tidak puas dengan kelengkapan peralatan kursus dan pelayanan administrasi. Konsumen mengeluh kurangnya kelengkapan peralatan kursus dan kinerja pelayanan administrasi. Untuk atribut lainnya yaitu materi yang diajarkan, metode pengajaran, komunikasi antara pengajar dan siswa serta kebersihan dan kenyamanan responden menyatakan sudah puas dan diharapkan PPB Atma Jaya dapat mempertahankan dan ditingkatkan agar terus bertahan di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat. |