Produk merupakan segala sesuatu yang memiliki nilai dan ditawarkan kepasar untuk memenuhi kebutuhan. Dalam sebuah produk berisi atribut dan manfaat yang dianggap sangat penting hingga kurang penting bagi pemakainya. Beberapa atribut dan manfaat tersebutlah yang digunakan perusahaan untuk membedakan produknya dengan produk pesaingnya yang sejenis. Mungkin dalam hal merek, harga yang lebih murah atau mahal, penempatan produk atau lokasi yang lebih terdistribusi dengan baik, atau komposisi atribut-atribut yang berbeda. Seperti kemasan, kualitas, keragaman, isi produk, pelayanan yang diberikan, dan lain-lain. Hal tersebut yang juga dilakukan oleh PT Mustika Ratu Tbk, sebagai salah satu perusahaan nasional yang bergerak dibidang jamu dan kecantikan, PT Mustika Ratu selalu berusaha memberikan produk yang terbaik bagi konsumennya dengan tujuan agar konsumen merasa puas setelah membeli produk yang dipilihnya. Dalam hal ini penulis hanya meneliti sebuah produk dengan merek Putri Shake Cologne, yang diciptakan bagi remaja putri. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan responden yang berasal dari remaja putri yang diperoleh melalui tiga wilayah. Yaitu, SMU negeri 99, SMU negeri 14, dan Mahasiswa Universitas Atma Jaya. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode analisis kuantitatif dan untuk menjawab perumusan masalah mengenai kepuasan konsumen tersebut, maka digunakan tes nonparametrik dengan uji statistik Rank Spearman Brown sedangkan untuk pengolahan datanya penulis menggunakan SPSS 12,0 for Window. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data, maka dapat disimpulkan bahwa konsumen yang menggunakan Putri Shake Cologne merasa puas atas atribut produk yang terdiri dari kemasan, keragaman, informasi, pelayanan, harga, lokasi dan promosi. Sedangkan pada atribut kualitas dan isi produk, konsumen belum merasa puas. Oleh karena itu perusahaan harus melakukan perbaikan-perbaikan untuk terus meningkatkan kualitas dari atribut-atribut produk agar dapat memberikan kepuasan kepada penggunanya. |