Meningkatnya kebutuhan dan minat terhadap kendaraan bermotor roda empat yang cukup besar di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini, merangsang investor-investor dari luar negeri untuk melakukan investasi dan inovasi di bidang otomotif. Hal ini berdampak pada tingginya persaingan antar perusahaan otomotif. Dalam menghadapi situasi persaingan tersebut kepuasan konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan sukses tidaknya suatu produk yang ditawarkan ke pasar. Untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut Toyota Avanza maka penulis mengadakan suatu riset dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para pemilik Toyota Avanza. Penulis menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pemilik Toyota Avanza yang tinggal di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur. Kuesioner terdiri dari dua bagian yaitu, identitas diri responden dan atribut Toyota Avanza. Atribut-atribut yang dianalisis adalah desain interior dan eksterior, harga beli, kenyamanan berkendara, daya tahan dan kehandalan mesin, bahan bakar, suku cadang, bengkel dan nilai jual kembali. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan tes statistik chisquare. Tes statistik ini digunakan untuk melihat apakah terdapat hubungan atau ketergantungan antara faktor demografi responden dengan kepuasan responden terhadap Toyota Avanza. Setelah data terkumpul dan dianalisis maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kepuasan konsumen terhadap Toyota Avanza relatif positif atau cukup memuaskan. Dengan dasar penelitian tersebut penulis memberikan beberapa saran kepada produsen Toyota Avanza untuk mempertahankan keunggulan dan memperbaiki kelemahan produknya. |