Skripsi ini membahas mengenai bagaimana PT. GIA melaksanakan strategi pemasaran dalam mempertahankan pangsa pasarnya. Penulis menggunakan analisa market share dan metode Fred R. David. Metode analisa market share digunakan untuk mengetahui besarnya tingkat keberhasilan strategi pemasaran PT. GIA terhadap pangsa pasar yang diraihnya. Metode fred R. David digunakan terhadap Peluang, Ancaman, Kekuatan dan Kelemahan perusahaan. Penulis juga ingin mengetahui strategi pemasaran yang di rasa cocok bagi posisi perusahaan pada saat ini di pasar industri angkutan udara di Indonesia. Dari hasil analisa diperoleh kesimpulan bahwa selama kurun waktu 3 tahun yaitu 1998, 1999, dan 2000 perusahaan berhasil menguasai pangsa pasar sekitar 40% dari delapan perusahaan pesaing. Untuk dapat mempertahankan serta memperbesar pangsa pasar yang diraih oleh PT. Garuda Indonesia Airlines penulis menyarankan perusahaan menggunakan perpaduan antara Market Penetration Strategy dan Product Development Strategy. |