Program Relationship Marketing ( selanjutnya akan disingkat RM ) yang diterapkan oleh Bank Mandiri adalah suatu program untuk meningkatkan hubungan antara Bank Mandiri dengan nasabahnya. Dengan tujuan meningkatkan loyalitas nasabah, maka Bank Mandiri harus juga meningkatkan kepuasan setiap pelanggan dan mempertahankan tingkat kepuasan tersebut dalam jangka panjang karena fondasi dari loyalitas nasabah adalah tingkat kepuasan nasabah itu sendiri. Dari program ini terdapat manfaat yang diterima nasabah yaitu confidence benefit, social benefit, dan special treatment. Variabel confidence benefit ( kepercayaan nasabah akan kualitas produk Tabungan Mandiri, kepercayaan nasabah terhadap suku bunga yang kompetitif, kepercayaan nasabah akan Bank Mandiri yang tidak mudah rush/likuidasi, keamanan kantor, keamanan bertransaksi di ATM, keakuratan teller ), variabel social benefit ( kartu Mandiri sebagai kartu ATM dan debit, jaringan ATM Mandiri maupun ATM Link, kerjasama dengan perusahaan lain, SMS Banking dan Internet Banking ), sedangkan variabel special treatment benefit (kecepatan pelayanan teller saat bertransaksi, program hadiah undian Mandiri fiesta) |