Maksud dan tujuan penulisan skripsi mi adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelatihan bagi karyawan divisi marketing dan menganalisis apakah terdapat hubungan antara pelatihan dengan penilaian kinerja karyawan divisi marketing pada PT Friesche Flag Indonesia. Berdasarkan hasH penelitian, diketahul bahwa pelatihan dilaksanakan setahun sekali, hasH analisis korelasi menunjukkan bahwa hubungan antara pelaksanaan pelatihan dengan penilaian ki nerja karyawan divisi marketing adalah kuat dan positif dimana koefisien korelasi antara pelaksanaan pelatihan dengan penilaian kinerja karyawan divisi marketing sebesar r = 0.7505 dan to = 8.6481 dengan a = 5% dan jumlah sampel (n) = 60 orang. Karena to lebih besar dan t tabel maka Ho yang menyatakan tidak ada hubungan antara dua variabel tersebut ditolak dan Ha yang menyatakan ada hubungan antara dua variabel tersebut ditenima. Penulis menyarankan sebaiknya perusahaan terus mengadakan program pelatihan bagi karyawan agar para karyawan tersebut dapat mencapai kinerja yang tinggi sehingga dapat menguntungkan perusahaan dan karyawan itu sendiri. Dan sebaiknya perusahaan memberikan suatu hadiah atau bonus kepada karyawan yang mendapatkan nilai evaluasi pelatihan yang tinggi. |