PT Gramedia Pustaka Utama adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan buku. Untuk dapat meningkatkan image perusahaan, maka PT Gramedia Pustaka Utama selalu berusaha menerbitkan bukubuku yang berkualitas, salah satunya adalah dengan menjual Novel Harry Potter. Agar penjualan Novel Harry Potter di Indonesia dapat berhasil, perusahaan harus dapat menerapkan strategi bauran pemasarannya dengan baik. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah riset kepustakaan dan riset lapangan. Untuk riset lapangan, penulis melakukan wawancara di PT Gramedia Pustaka Utama dan menyebarkan kuesioner di beberapa tempat di Jakarta seperti Unika Atma Jaya, Universitas Trisakti, Gereja Maria Bunda Karmel, dan tempat-tempat lainnya. Sumber data diambil dari 100 orang responden yang pernah membaca Novel Harry Potter, dan tehnik pemilihan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk produk adalah dengan memberikan kualitas yang terbaik dan melakukan pengembangan produk. Dari segi harga, untuk Novel Harry Potter harganya memang relatif mahal namun sesuai dengan kualitas produknya. Sedangkan strategi distribusinya, perusahaan berusaha untuk menjual Novel Harry Potter di tempat-tempat yang strategis, sehingga mudah untuk didapatkan. Dan untuk promosi perusahaan menggunakan berbagai media agar konsumen tertarik untuk membeli Novel Harry Potter. Adapun saran yang dapat diberikan adalah, agar perusahaan lebih meningkatkan lagi mutu dan kualitas Novel tersebut, serta meningkatkan promosi, memberikan reward, dan membentuk Harry Potter Fans Club. |