Persepsi merupakan pemahaman seseorang terhadap apa yang ia alami melalui panca indra dan pengalaman masa lalu sehingga mempengaruhinya untuk bertindak. Persepsi tersebut dapat dibentuk atau terbentuk oleh atribut produk. Atribut produk disini merupakan ciri yang melekat pada produk yang bersangkutan. Penulis mencoba menggambarkan bagaimana persepsi responden (100 responden) terhadap kualitas pelayanan produk AKSES calling card dalam pameran yang diadakan di Mega Mall Pluit Jakarta Utara selama 2 minggu dari tanggal 17 hingga 30 Desember 2004. Kualitas pelayanan produk yang dimaksud terdiri dari 5 bagian,yaitu : 1.Keandalan (reliability) meliputi Kualitas suara yang jernih dan Tarif pulsa yang lebih murah, 2. Kepastian (assurance) meliputi Penghematan pulsa telepon rumah, dan, Dapat digunakan dari handphone, 3. Berwujud (tangibles) meliputi Bentuk dan desain kartu yang menarik, Fasilitas coba telepon gratis di pameran, dan Pemberian hadiah langsung di pameran, 4. Empati (empathy) meliputi Petugas counter yang siap memeberikan perhatian kepada setiap konsumen, 5. Daya Tanggap (responsiveness) meliputi Pelayanan customer service dalam menghadapi keluhan yang disampaikan pelanggan dan Kemampuan perusahaan untuk cepat tanggap dalam menghadapi permasalahan yang timbul. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada umumnya persepsi responden terhadap kualitas pelayanan ini adalah baik dimana persentase tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan responden dan tingkat kinerja perusahaan sebagian besar diatas 90%. Karenanya perusahaan harus tetap menjalankan komitmennya untuk memberikan kualitas dan kenyamanan yang terbaik dalam berkomunikasi sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. |