Anda belum login :: 17 Feb 2025 11:19 WIB
Detail
BukuImplementasi Pasal 18 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam Polis Asuransi Kendaraan Bermotor Jasindo (Oto Plus) pada PT ASURANSI JASA INDONESIA (JASINDO)
Bibliografi
Author: Putri, Novena Yoga ; Wulandari, Bernadetta Tjandra (Advisor)
Topik: Implementasi Pasal 18 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999; Perlindungan Konsumen; Polis Asuransi Kendaraan Bermotor Jasindo (Oto Plus); PT ASURANSI JASA INDONESIA (JASINDO); Hukum Ekonomi dan Bisnis
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Novena Yoga Putri's Undergraduated Theses.pdf (249.0KB; 26 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FH-1765
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Polis asuransi path dasarnya merupakan suatu bentuk perjanjian bisnis antara
pihak tertanggung dan penanggung. Dalam bentuknya yang ada sekarang polis
asuransi berupa kontrak baku dan standar karena polis tersebut diperuntukkan
untuk melayani jumlah konsurnen yang sangat banyak. Disisi lain kenyataan
dirumuskannya polis dalam bentuk kontrak baku oleh setiap perusahaan
asuransi memiiki arti bahwa konsumen calon pembeli polis tidak memiliki
kesempatan bemegosiasi ikut menentukan ketentuan dan syarat-syarat yang ada
dalam polis. Dalam praktik perjanjian bisnis termasuk industri asuransi sering
dijumpai klausula yang berisikan peralihan tanggung jawab atau kewajiban
pelaku usaha yang dikenal klausula eksonerasi. Dalani upaya untuk melindungi
kepentingan konsumen yang sering didudukkan pada posisi yang lernah dalam
mempertahankan hak dan kewajibannya dalam konfrak terhadap posisi pelaku
usaha yang urnumnya duduk pada posisi yang sangat domman, maka dalam
Pasal 18 Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Kosumen
mengatur tentang larangan penggunaan klausula baku dalam perjanjian standar.
Berkaitan dengan hal itu, permasalahan yang dibahas oleh penulis yaitu
mengenai Implementasi Pasal 18 Undang-Unthng No. 8 Tahun 1999 Tentang
Perlindungan Konsumen Dalam Polis Asuransi Kendaraan Bermotor Jasindo
(Oto Plus) Pada PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), penulis mengambil
salah satu contoh polis kendaraan bermotor path PT. Asuransi Jasa Indonesia
(Jasindo) yang dijadikan sebagai obyek penelitian. Permasalahan yang hendak
diangkat oleh penulis berkaitan dengan hadirnya Pasal 18 Undang-Undang
Perlindungan Konsumen adalah untuk mengetahui apakah polis yang
diterbitkan oleh perusahaan asuransi tersebut telah sesuai dengan ketentuan
klausula dalani pasal tersebut, selain itu untuk mengetahui sanksi yang
diberikan bagi perusahaan asuransi yang sengaja mencantumkan klausula yang
bertentangan dengan pasal tersebut dan untuk rnengetahui upaya-upaya yang
ditempuh oleh PT. Jasindo guna inenghindari klausula yang dilarang oleh pasal
tersebut untuk dicantumkan dalam polis asuransi kendaraan bermotor. Pasal 18
UTJPK mi hams dengan secara jelas disosialisasikan pada dunia asuransi untuk
dapat dijadikan landasan perancangan kontrak asuransi walaupun tetap akan
diajukan dalam bentuk draft polis asuransi yang tercetak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.34375 second(s)