Unit Gawat Darurat merupakan salah satu bagian Rumah Sakit yang memegang peranan cukup penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang datang ke RS dalam waktu 24 jam. Pelayanan yang profesional sangat dituntut oleh masyarakat yang datang ke UGD sebuah RS, tak terkecuali RS X. Kelalaian pelayanan dapat mengakibatkan ?hilangnya? waktu yang ada dalam penanganan pasien, baik berupa semakin parahnya kondisi kesehatan pasien atau bahkan kematian. Oleh karenanya petugas UGD di RS X harus bekerja cepat dan cermat dengan tetap memperhatikan hak-hak pasien. Kondisi pasien maupun keluarganya yang panik dalam menghadapi kasus gawat darurat seringkali menjadi penyebab benturan yang terjadi. Beberapa hal yang dapat menjadi sengketa di UGD RS X adalah hak pasien atas pelayanan medis, kedudukan Dokter On Call, praktek merujuk pasien. Terhadap hal tersebut RS X telah membuat berbagai prosedur operasional dalam menghadapi serta mengantisipasi timbulnya sengketa di Unit Gawat Darurat. |