Anda belum login :: 24 Nov 2024 16:30 WIB
Detail
BukuPelaksanaan Etika Periklanan dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Menyangkut Periklanan Oleh Pemasang Iklan di Media Televisi X
Bibliografi
Author: Willardi, Christophorus Cahya ; Halim, A. Ridwan (Advisor)
Topik: Pelaksanaan Etika Periklanan; Undang-Undang Perlindungan Konsumen; Menyangkut Periklanan Oleh Pemasang Iklan di Media Televisi X; Hukum Ekonomi dan Bisnis
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Christophorus Cahya Willardi Santo's Undergraduate Theses.pdf (1.2MB; 48 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FH-1723
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Sejalan dengan perkembangan perekonomian, iklan di media massa khususnya di media televisi semakin gencar dalam menyiarkan suatu pesan informasi tentang produk barang dan jasa. Karena terdapat batasan-batasan dalam beriklan di televisi itulah, maka aturan hukum di bidang periklanan menjadi acuan utama yang harus diikuti oleh pihak pengiklan, supaya jangan sampai mereka membuat iklan secara seenaknya, misalnya memberi informasi yang menipu dan menyesatkan. Ditetapkannya suatu etika periklanan yang menjadi bagian dalam peraturan perundang-undangan seperti Undang-undang Perlindungan Konsumen dan undang-undang lainnya yang menyangkut tentang periklanan, pada dasarnya bertujuan untuk mengatur penyiaran sebuah iklan serta memberi perlindungan kepada konsumen. Oleh karena itu pihak pengiklan mempunyai tanggung jawab etika dalam menjalankan proses penyiaran iklan Meskipun telah disusun dengan suatu aturan hukum yang mengatur periklanan tetapi masih banyak pihak pemasang iklan yang secara sengaja maupun tidak sengaja melakukan pelanggaran dalam bidang periklanan. Sebagai contoh dalam hal ini misalnya iklan yang tidak benar tentang suatu produk, atau iklan yang menyinggung perasaan orang lain, atau juga iklan persaingan yang tidak sehat. . Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pelanggaran antara lain ialah kepentingan bisnis dari produsen untuk mencapai keuntungan yang maksimal, selain juga faktor persaingan antar produsen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)