Anda belum login :: 24 Nov 2024 00:03 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Konformitas dengan Intensi Membeli Handphone Model Terbaru Pada Remaja
Bibliografi
Author:
Sulistiyani, Eka
;
Johan, Retno Triyani
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2005
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Eka Sulistiyani's Undergraduate Theses.pdf
(193.0KB;
209 download
)
Eka Sulistiyani's - INTISARI.pdf
(308.53KB;
8 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-735
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat intensi membeli handphone pada remaja. Selain itu juga untuk melihat apakah ada hubungan antara konformitas dengan intensi membeli handphone. Bagi para remaja yang sedang mencari identitas, salah satu cara untuk melakukan identifikasi adalah melalui dengan kelompok teman sebaya, yang memiliki kesamaan. Remaja cenderung mengikuti nilai-nilai yang ada dalam kelompok tersebut, kecenderungan tersebut dikenal dengan konformitas. Salah satu bentuk ujud nyata dari konformitas yaitu intensi membeli handphone terbaru. Dengan memiliki handphone dengan merk dan fasilitas canggih yang sama dengan kelompok maka kehadiran remaja tersebut dalam kelompok akan lebih diterima. Baik remaja putra maupun putri pasti melakukan konformitas dengan kelompok. Apalagi pada zaman ini handphone sudah dapat dipakai oleh semua kalangan, termasuk remaja sebagai salah satu konsumen yang terbesar. Dimana model handphone sekarang sangat trendi dan juga ditunjang dengan fasilitas-fasilitas yang canggih. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu sorotan bagi remaja yang selalu mengikuti mode-mode terbaru. Dengan memakai produk-produk terbaru maka remaja akan merasa tidak ketinggalan zaman. Apalagi memiliki handphone yang sama dengan yang kelompok pakai baik merk dan fasilitas canggih yang dimiliki handphone tersebut, akan menjadi suatu kepuasan psikologis bagi remaja tersebut, dan kehadirannya dalam kelompok tersebut diakui. Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk melihat hubungan antara konformitas dengan intensi membeli handphone pada remaja.
Penelitian ini bersifat non eksperimental dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai cara pengambilan sampel. Sampel yang dipakai adalah 100 orang, yang memenuhi karakteristik sampel yang telah ditetapkan sebelumnya oleh peneliti. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari dua buah alat ukur, yaitu kuesioner konformitas dan kuesioner intensi membeli handphone. Kedua alat ukur tersebut dikembangkan oleh peneliti berdasarkan indikator-indikator yang didapat melalui teori. Dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus Pearson Product Moment.
Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment pada SPSS versi 10.0., maka didapatkan hasil Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan hasil korelasi 0.423 dan signifikansi pada LOS 0.01. Hal itu memiliki arti bahwa ada indikasi hubungan yang positif antara konformitas dengan intensi membeli handphone pada remaja. Oleh karena itu, peneliti memberikan beberapa asumsi yang mendukung hasil penelitian ini.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)