Tujuan dari perusahaan adalah untuk mencapai laba optimal. Agar dapat mencapai tujuan ini perusahaan harus mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Perusahaan harus secara efektif dan efisien melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, serta pengendalian terhadap seluruh aset perusahaan. Laba yang ingin dicapai perusahaan biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti harga jual, volume penjualan, maupun biaya. Faktor-faktor tersebut memiliki kaitan dan hubungan yang erat satu sama yang lain. Berdasarkan fakta tersebut, dalam mengambil keputusan pihak manajemen harus mempertimbangkan hubungan erat antara variabel-variabel tersebut diatas. Agar dapat membuat keputusan yang tepat pihak manajemen harus dilengkapi oleh informasi yang memadai, khususnya informasiinformasi yang relevan untuk pengambilan keputusan. Salah satu bagian dari akuntansi biaya yang bermanfaat dalam pengendalian biaya dan perencanaan laba adalah analis is CVP. Analisis CVP dapat digunakan untuk mengetahui keadaan perusahaan, menganalisis dampak perubahan harga jual terhadap volume penjualan, dampak volume penjualan terhadap laba/rugi perusahaan, dan bahkan dapat digunakan untuk menentukan komposisi penjualan yang efektif pada perusahaan dengan multi produk. Sebelum melaksanakan analisis CVP diperlukan teori-teori yang mendasari penerapan dan pelaksanaan analisa CVP. Landasan teori tersebut adalah pengertian biaya, klasifikasi biaya, konsep analis is CVP, dan asumsi-asumsi yang membatasi penerapan analis is CVP. PT. Lektrus Offerseas adalah perusahaan yang bergerak dibidang keperluan rumah tangga seperti bedcover, sprei, taplak meja, dan sebagainya. Proses produksi diawali dengan pemilihan bahan kain, memilih motif, serta memilih dactron dan busa lapis. Lalu berlanjut ke proses pemotongan, proses penjahitan, kemudian peking. Kemudian hasilnya disalurkan ke penyalur. Penerapan analis is CVP membantu PT. Lektrus Offerseas untuk mengetahui kondisi perusahaan sehingga pihak manajemen dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mencapai sasaran dan tujuan perusahaan. |