Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:19 WIB
Detail
BukuAn Empirical Study on Reading-Writing Connection: Research Insights for The Classroom (Linguistik Indonesia, Tahun-23, No.1, Februari 2005)
Bibliografi
Author: Sugiharto, Setiono
Topik: BAHASA SASARAN; WRITING AND READING; TARGET LANGUAGE
Bahasa: (EN )    
Penerbit: Masyarakat Linguistik Indonesia     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext: An Empirical Study on Reading-Writing Connection - Research Insights for The Classroom.pdf (706.36KB; 8 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: RR-2335
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Abstract
Sering dihipotesiskan bahwa cara yang efektif untuk mempercepat proses pemerolehan kemampuan menulis adalah dengan memajankan bahan bacaan bahasa sasaran (target language) kepada pemelajar. Keraguan yang muncul mengenai hipotesis ini ialah apakah kemampuan menulis benar-benar dapat ditingkatkan dengan melibatkan pemelajar pada pendekatan membaca-menulis secara bersamaan. Meskipun pendekatan pengajaran menulis yang didasarkan pada bahan bacaan bahasa sasaran secara intuisi menguntungkan bagi pemerolehan kemampuan menulis, menggunakan pendekatan ini tanpa didukung oleh penelitian empiris sangatlah berisiko. Artikel ini melaporkan hasil penelitian mengenai pendekatan pengajaran menulis yang menggunakan metode membaca-menulis secara bersamaan. Dua keiompok pemelajar pada tingkat universitas menjadi subjek penelitian ini. Dua keiompok ini dibagi menjadi keiompok control dan keiompok eksperimen dengan menggunakan instruksi pengajaran yang berbeda. Kelompok kontrol diberi instruksi dengan menggunakan pendekatan pengajaran menulis secara konvensional, dan kelompok eksperimen diberi instruksi dengan menggunakan pendekatan pengajaran menulis yang didasarkan pada bahan bacaan bahasa sasaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keiompok eksperimen unggul dalam kemampuan menulis secara keseluruhan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)