Anda belum login :: 23 Nov 2024 12:25 WIB
Detail
BukuUsulan Perancangan Balanced Scorecard Untuk Perbaikan Kinerja di PT. Duta Abadi Primantara
Bibliografi
Author: Juliana, Helena Kristina (Advisor); Stefanie
Topik: Balanced Scorcard; Perspektif; Tujuan Strategis; Tolak Ukur
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Stefanie's Undergraduate Theses.pdf (626.0KB; 106 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-113
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
PT. Duta Abadi Primantara merupakan perusahaan produsen spring bed dengan produk merk Florence, Tempur, King Koil dan Serta. Selama ini PT. Duta Abadi Primantara hanya melakukan pengukuran berdasarkan kinerja keuangan saja, belum berdasarkan prinsip Balanced Scorecard yang mengukur kinerja berdasarkan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk adalah merumuskan visi dan misi perusahaan untuk keempat perspektif tersebut. Setelah itu merumuskan tujuan strategis perusahaan untuk masing-masing perspektif. Selain itu adalah membuat diagram hubungan sebab akibat, strategy map, perhitungan kinerja dari empat perspektif. Terakhir adalah merancang Balanced Scorecard untuk PT. Duta Abadi Primantara dan langkah kerjanya.
Penelitian ini dilakukan untuk merancang Balanced Scorecard PT. Duta Abadi Primantara. Data untuk perancangan Balanced Scorecard didapat dari hasil wawancara dengan asisten Plant Manager untuk mendapatkan data empat perspektif dan dilakukan penyebaran kuesioner untuk perhitungan bobot. Perancangan Balanced Scorecard PT. Duta Abadi Primantara dimulai dari penerjemahan visi perusahaan-Menjadi produsen terbesar produk-produk bedding berkualitas untuk berbagai segmen pasar dan misi perusahaan "mengembangkan produk bermutu dengan harga bersaing untuk segmen pasar menengah ke bawah" ke dalam visi dan misi setiap perspektif. Visi dan misi setiap perspektif tersebut diterjemahkan lagi ke dalam tujuan-tujuan strategis perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. Proses selanjutnya adalah melakukan penentuan tolak ukur untuk mengetahui pencapaian tujuan strategis tersebut untuk setiap perspektif. Peneliti bersama ahli di perusahaan kemudian menentukan inisiatif strategis yang akan dilakukan dan membuat model Balanced Scorecard PT. Duta Abadi Primantara. Penentuan kinerja periode tahun 2004 dan target yang diharapkan pada tahun tersebut perlu dilakukan serta melakukan pembobotan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk setiap tujuan strategis dalam setiap perspektif. Proses terakhir adalah menghitung nilai kinerja masing-masing perspektif dengan mengalikan hasil penilaian dengan bobot. Nilai kinerja masing-masing perspektif didapat dengan menjumlahkan hasil kali nilai tiap perspektif dengan bobot tiap perspektif.
Berdasarkan perancangan model Balanced Scorecard PT. Duta Abadi Primantara diketahui nilai kinerja perspektif keuangan 2.65, perspektif pelanggan 3.52, perspektif proses bisnis internal 3.07 dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan 4.24. Setiap perspektif memberikan bobot yang sama terhadap nilai kinerja perusahaan yaitu sebesar 0.25. Hasil pengukuran kinerja PT. Duta Abadi Primantara selama tahun 2004 berdasarkan model Balanced Scorecard yang telah dirancang adalah 3.37 yang berarti kinerjanya cukup baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)