Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:25 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Motivasi Berprestasi Siswa Penjurusan IPA dan IPS (Studi di SMU Suluh Jakarta Selatan)
Bibliografi
Author:
Herawati, Cecilia
(Advisor);
Veronika, Royda
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2005
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Royda Veronika's Undergraduate Theses.pdf
(155.0KB;
54 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-272
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Motivasi Berprestasi merupakan salah satu fakktor penting yang menentukan Prestasi belajar dan suatu Proses membangkitkan, mengarahkan, dan memantapkan prilaku arah suatu tujuan . Dari tiga definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah suatu kondisi fisiologis dan psikologis yang terdapat dalam diri seseorang mendorongnya untuk melakukan aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan (kebutuhan )
Tujuan Peniliti ini adalah, untuk mengetahui perbedaan siswa IPA dan IPS terhadap motivasi berprestasi di SMU Suluh Jakarta-Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian komparasional. Populasi penelitian sebanyak 86 siswa ( 46 siswa IPA dan 40 siswa IPS ) untuk pengumpulan data. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Cluster Sampling.
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sikap tipe Likert untuk mengukur siswa IPA dan siswa IPS terhadap motivasi berprestasi . Teknik stsatistik yang digunakan adalah uji-t Independen dan dibantu pengolahannya dengan program SPPS versi 11.5. Hasil uji coba yang diberikan kepada 86 siswa, diperoleh 30 butir valid dari 60 butir dengan nilai reliabilitas 0,8292. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara siswa IPA dan siswa IPS terhadap motivasi berprestasi.
Saran dan pengertian ini, bagi kepala sekolah diharapkan dapat membaca penelitian ini sebagai bahan informasi dan masukan tentang pentinganya pendidikan orang tua bagi siswa agar lebih termotivasi. Bagi konselor sekolah diharapkan dapat menginformasikan kembali para orang tua dalam acara-acara tertentu, sebagao tindak lanjut diharapkan dapat dilakukan konseling indifidual bagi siswa yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua. Bagi orang tua diharapkan dapat memahami tentang siswa terhadap motivasi berprestasi dari orang tua, sebab memberikan motivasi terhadap siswa sangat penting untuk mengarahkan siswa keprestasi belajar.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)