Anda belum login :: 24 Nov 2024 03:20 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Empati dan Motivasi Berprestasi Dengan Tingkat Penjualan SPG Rokok X
Bibliografi
Author:
Ratnasari, Ryska
;
Johan, Retno Triyani
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2005
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ryska Ratnasari's Undergraduate Theses.pdf
(546.0KB;
98 download
)
Ryska Ratnasari's - INTISARI.pdf
(404.42KB;
10 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-674
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Rokok merupakan salah satu produk yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, baik pria maupun wanita. Oleh karenanya perusahaan-perusahaan rokok berusaha memperluas target konsumennya untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Pemasaran memegang peranan yang besar dalam usaha tersebut. Salah satu strategi pemasaran yaitu promosi penjualan merupakan strategi yang akhir-akhir ini banyak digunakan oleh perusahaan. Promosi penjualan ini memanfaatkan tenaga-tenaga penjual wanita yang disebut sebagai Sales Promotion Girl (SPG). Untuk memenuhi target penjualan produk, perusahaan memerlukan SPG yang handal dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat.
SPG yang handal selain harus mampu menginformasikan produk juga harus mampu menarik pelanggan untuk melakukan transaksi jual beli. Goleman (2000) menyebutkan bahwa dalam bekerja, seseorang tidak hanya perlu memiliki intelektualitas yang tinggi, tapi juga harus memiliki kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional itu antara lain adalah empati dan motivasi berprestasi. Kemampuan berempati diperlukan dalam komunikasi antara SPG dengan pelanggan agar dapat mengetahui dan memahami kebutuhan pelanggan sehingga pelanggan membeli produk yang ditawarkan. Motivasi berprestasi juga dibutuhkan agar mengarahkan SPG untuk bekerja dengan baik dan memiliki dorongan untuk mencapai suatu keberhasilan sehingga ia dapat memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan. Penelitian ini akan meneliti apakah ada hubungan yang signifikan antara empati dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap tingkat penjualan SPG rokok. Selain itu penelitian ini juga meneliti apakah ada hubungan yang signifikan antara empati dan tingkat penjualan. Serta meneliti apakah ada hubungan yang signifikan antar motivasi berprestasi dengan tingkat penjualan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang tergolong penelitian non-eksperimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probabilitas, yaitu accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner sebagai alat ukur empati dan motivasi berprestasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan tehnik statistik multiple regression yang merupakan tehnik yang paling tepat untuk mengetahui hubungan antara dua variabel bebas dengan satu variabel terikat (Kerlinger, 1986). Sampel yang dipakai adalah SPG rokok X yang berjumlah 34 orang.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara empati dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan tingkat penjualan SPG rokok X. Tetapi bila diteliti lebih lanjut, ternyata empati secara sendiri tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat penjualan. Sedangkan motivasi berprestasi secara sendiri tetap memiliki hubugan yang signifikan dengan tingkat penjualan.
Empati tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat penjualan dikarenakan tidak adanya pengaruh langsung terhadap tingkat penjualan. Empati merupakan faktor yang tidak dapat berdiri sendiri tanpa faktor-faktor lain yang mendukung peningkatan prestasi kerja seseorang. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja seseorang ternyata sebagian besar merupakan indikator dari motivasi berprestasi.
Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi agensi SPG rokok, orang-orang yang ingin menjadi SPG yang berkualitas dan juga pembacanya. Kiranya penelitian ini dapat memberikan informasi dan berguna bagi banyak pihak.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)