Anda belum login :: 23 Nov 2024 19:47 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Strategi Pemasaran Batubara Muda PT 'X' untuk Merebut Pasar Batubara Nasional
Bibliografi
Author:
Haliman, Haryanto
;
Udaya, Yusuf
(Advisor)
Topik:
Pemasaran
;
Strategi Pemasaran
;
Segmentasi Pasar
;
Positioning
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2003
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
Haryanto Haliman's Master Theses.pdf
(3.36MB;
12 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
MM-348
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Adanya kebutuhan energi yang semakin meningkat akhir-akhir ini dan semakin menipisnya cadangan minyak dunia, maka batubara sebagai sumber energi menjadi salah satu pilihan yang paling dicari karena selain harganya relatif murah, cadangannya juga relatif masih banyak. Di Indonesia sendiri kebutuhan akan tenaga listrik terus meningkat, dan pembangkit tenaga listrik merupakan pemakai batubara terbesar sebagai sumber energinya. Cadangan batubara muda di Indonesia masih sangat besar jika dibandingkan dengan cadangan batubara tua yang sudah mulai berkurang, terdapat di daerah hutan lindung dan pada lokasi yang sulit untuk dieksploitasi. Selama ini cadangan batubara muda masih belum dimanfaatkan dikarenakan kualitasnya tidak sebaik batubara tua, walaupun biaya eksploitasinya lebih murah. Dengan bantuan teknologi yang ada sekarang, batubara muda dapat diproses menjadi batubara yang kualitasnya mendekati batubara tua dengan menggunakan alat yang dinamakan Thermal Dryer. Biaya dari penggunaan alat inipun relatif kecil, dan batubara yang dihasilkan dapat merupakan barang substitusi batubara tua. Biaya pengangkutan dalam industri batubara merupakan faktor yang sangat mempengaruhi daya saing, hal ini disebabkan biaya ini merupakan komponen yang relatif besar didalam Harga Pokok Penjualan batubara. Untuk tujuan penetapan strategi pemasaran maka dilakukan penelitian pada industri pemakai dan penghasil batubara, terutama di lokasi yang relatif dekat dengan lokasi pertambangan PT.'X' yaitu di Sumatera Bagian Selatan. Pendekatan yang digunakan oleh perusahaan ini untuk segmentasi pasar batubara adalah pendekatan geografis. Hal ini dikarenakan lokasi pembeli batubara akan sangat mempengaruhi daya saing perusahaan terhadap pesaing lainnya. Untuk jangka pendek PLTU Suralaya merupakan target pasar perusahaan, karena selain merupakan industri pemakai batubara terbesar, juga berada pada lokasi yang relatif dekat dengan pertambangan perusahaan. Perusahaan ini memposisikan produknya sebagai produk batubara yang murah dimata pembeli maupun calon pembeli dengan kualitas yang sama dibandingkan dengan para pesaingnya. Strategi produk ditekankan untuk melakukan eksploitasi di lokasi-lokasi yang mempunyai batubara dengan tingkat kelembaban paling rendah sehingga dapat dihasilkan kualitas batubara yang baik. Strategi distribusi digunakan saluran distribusi langsung tanpa perantara karena tenaga yang ada masih dapat menanganinya sehingga saluran ini merupakan yang paling efisien dan efektif. Untuk strategi promosi, karena barang ini merupakan barang industri maka personal selling dan matketing public relation lebih cocok untuk perusahaan ini. Sedangkan untuk strategi harga, harga yang ditetapkan disini harus lebih rendah dari para pesaingnya dan menggunakan ongkos produksinya sebagai batas bawah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)