Kebersihan gigi sangal menunjang kesehatan gigi, sehingga diperlukan kesadaran betapa pentingnya kebersihan mu/ut dan gigi. Terdapat berbagal cara uniuk melindungi gigi dan sega/a penyakit gigi, sa/ah satunya dengan menyikat gigi secara teralur dapat mengurangi terjadinya penyakit pada gigi. Hal mi merupakan hal yang paling mudah dilakukan, karena menyikat gigi merupakan suatu rutinilas schari-hari yang harus dilakukan. Dalam rangka mengident~/1kasikan keinginan konsumen digunakan suatu metode yang disebut sebagai QFD (¿Quality Function Deployment) yang disempurnakan dengan HOQ (House Of Quality). Dan hasil pembuatan HOQ tersebut didapatkan bahwa konsumen menginginkan sikat gigi yang hemat waktu, dapat membersihkan gigi dengan maksirnai, kepala si/cat gigi yang dapat mencapai bagian tersulit gigi, serta aman digunakan tanpa melukai bagian gigi iainnya. Sehingga didapatkan 4 buah konsep yang mana dan keempat konsep tersebut diberikan nilai untuk dipiiih yang terbaik dengan cara scoring concept. Sehingga didapat satu konsep yaitu konsep B sebagai konsep terbaik. Dengan didapatnya konsep B sebagai konsep terpilth ma/ca dihitung juga kelayakan teknoekonominya untuk mengetahui apakah produk tersebut layak dijual dipasaran dan menguntungkan bagi produsen. Dengan harga jual Rp. 5.000,00, dapat mengembalikan modal awal dalam waktu 28 bulan dengan IRR 61.64% bisa mendapatkan keuntungan bersih terkeci/Rp. 5 54.822.230. |