Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:37 WIB
Detail
BukuKajian Teoritik Mengenai Peran Tayangan Iklan Televisi Terhadap Pengenalan Kosakata Anak Prasekolah
Bibliografi
Author: Nareshwari, Wijna ; Mamesah, Michiko (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Wijna Nareshawari's Undergraduated Theses.pdf (190.0KB; 15 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-265
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Iklan di televisi adalah tayangan yang tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup keluarga masa kini. Iklan adalah jenis tayangan yang sangat khas di antara beragam tayangan program televisi. Waktu penayangannya tidak perlu ditunggu secara khusus karena menyelingi setiap program. Durasinya singkat, namun meninggalkan kesan bagi pemirsanya. Iklan produk untuk anak berarti tayangan pemberitahuan kepada khalayak ramai tentang barang atau jasa yang dijual untuk keperluan anak.
Salah satu hal positif yang didapat dari menyaksikan iklan televisi adalah terjadinya pengenalan kosakata. Kosakata yang berarti perbendaharaan kata atau vokabuler, adalah kekayaan kata-kata yang dipahami seseorang. Proses pengenalan kosakata dapat terjadi dengan mudah melalui peniruan. Baik peniruan ucapan teman sebaya atau orang yang lebih dewasa, maupun peniruan dari sesuatu yang disaksikan dan didengarkan dari media massa.
Menurut Undang-undang No. 20/2003 tentang Sisdiknas, jenjang pendidikan anak dini usia yang berada pada jalur formal berbentuk taman kanak-kanak (TK) dan raudatul athfal (RA), sedangkan pada jalur nonformal berbentuk kelompok bermain (KB) atau playgroup dan tempat penitipan anak (TPA). Anak yang mengikuti jenjang pendidikan dini usia ini disebut prasekolah. Anak prasekolah ini telah cukup usianya untuk mengikuti jenjang pendidikan yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran iklan televisi terhadap pengenalan kosakata anak prasekolah melalui kajian teoretik. Mengenal kosakata merupakan salah satu tugas dalam perkembangan berbahasa anak. Pola belajar anak yang bersifat imitasi, membuat anak cepat menirukan ucapan apa saja yang didengarnya. Dalam hal ini, tayangan iklan televisi dapat menjadi salah satu sarana untuk mengenal kosakata.
Hasil penelitian kajian teoretik ini mengemukakan adanya peran iklan televisi dalam pengenalan kosakata anak prasekolah. Iklan televisi memiliki tampilan audio yang memperdengarkan bagaimana suatu kata diucapkan, dan tampilan visual yang menunjukkan gerak mulut ketika mengucapkan suatu kata. Sifat iklan yang repetitif, muatan iklan produk untuk anak yang kini sarat informasi ilmu pengetahuan dan pendidikan, menjadikan iklan sebagai suatu ajang belajar mengenal kosakata. Kosakata yang digunakan dalam tayangan iklan televisi umumnya berupa kata atau kalimat sederhana, sehingga mudah bagi anak untuk menirukan dan memahami maknanya. Pada waktu penayangan program untuk anak, iklan-iklan yang ditayangkan sebagai selingan adalah konsumsi bagi anak. Disarankan perlunya pendampingan oleh orangtua dalam menyaksikan iklan televisi, sehingga anak dapat belajar mengenal kosakata dari iklan yang sesuai untuk usianya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.234375 second(s)