Anda belum login :: 24 Nov 2024 08:28 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Evaluasi Pelayanan Jasa P. K. St. Carolus dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien
Bibliografi
Author:
Luthfie, Elisabeth Metha
;
Wibowo, Rusminto
(Advisor)
Topik:
LAYANAN RUMAH SAKIT
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2005
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Elisabeth Metha Luthfie's Undergraduated Theses.pdf
(528.0KB;
37 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1195
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Kualitas pelayanan sangat menentukan terciptanya kepuasan konsumen, maka
setiap usaha atau bisnis harus mempunyai strategi dalam meningkatkan kepuasan
konsumennya. Sebagai rumah sakit swasta Katolik yang besar di Jakarta, rumah sakit
St. Carolus juga sangat memperhatikan mutu pelayanannya agar tercipta kepuasan
pasiennya. Selain itu mutu pelayanan yang baik juga dapat digunakan sebagai strategi
usaha untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui strategi pelayanan jasa yang dilakukan oleh P. K. St. Carolus
dalam meningkatkan kepuasan pasiennya dan untuk mengetahui seberapa besar
tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan jasa yang diberikan oleh P.K.St. Carolus.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dan teknik analisis yang
digunakan adalah metode analisis tabel, yang terdiri dari analisis tabel frekuensi dan
analisis tingkat kepentingan/harapan dan tingkat kinerja. Pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara pada pihak-pihak/staf di Rumah Sakit yang terkait dan penyebaran kuesioner kepada responden yaitu pasien rawat jalan dan pasien rawat
inap. Teknik penarikan sampel responden menggunakan teknik convenience sample.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pelayanan jasa yang dilakukan oleh
P. K. St. Carolus adalah dengan menempatkan mutu pelayanan sebagai strategi usaha
dan pelayanan jasa yang dilaksanakan oleh P. K. St. Carolus secara umum dapat
memuaskan pasiennya. Saran dari penelitian ini adalah faktor-faktor pelayanan jasa
yang perlu ditingkatkan lagi kualitas pelayanannya (service quality) oleh pihak rumah
sakit pada unit rawat jalan adalah ketepatan jadwal praktek dokter, kemampuan
perawat dalam menanggapi keluhan pasien, keramahan dan kesopanan perawat, sikap
dan perhatian perawat dan petugas rumah sakit secara khusus terhadap pasien. Pada
unit rawat inap, yang perlu ditingkatkan lagi adalah kemudahan mendapat tempat dan
kecepatan layanan di UGD, kecepatan layanan administrasi pasien.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)