Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:33 WIB
Detail
BukuKomunikasi Pemasaran Produk Sepatu Bubble Gummers dengan Metode Customer Bonding untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada PT. Sepatu Bata Tbk
Bibliografi
Author: Sumakul, Sally Sylvania ; Adiyatna, Hendra (Advisor)
Topik: KOMUNIKASI PEMASARAN
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Sally Sylvania Sumakul's Undergraduated Theses.pdf (830.0KB; 74 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-105
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Maraknya iklim persaingan di dunia bisnis belakangan ini,
mengakibatkan dampak yang cukup nyata bagi semua pelaku bisnis.. Persaingan
di industri sepatu yang merupakan kebutuhan sandang bagi masyarakat juga
mengalami benturan karena semakin banyak pemain lokal dan mancanegara
yang memasuki pasar Indonesia. PT. Sepatu Bata Tbk sebagai salah satu
perusahaan sepatu yang sudah cukup lama melakukan perjalanan bisnisnya di
Indonesia juga merasakan dampak nyata akibat persaingan di dunia bisnis ini.
Salah satu produk PT. Sepatu Bata Tbk yang mengalami penurunan
penjualan adalah sepatu anak -anak Bubble Gummers. Penurunan yang terjadi di
DKI Jakarta mulai tahun 2002 yaitu sebesar 0.032 % dari penjualan tahun
sebelumnya dan berlanjut pada tahun 2004 sebesa r 13.13 %.. Promosi sebagai
salah satu bauran pemasarannya ternyata belum pernah dievaluasi, padahal
promosi memainkan peranan penting dalam mengkomunikasikan keberadaan dan
keunggulan produk, yang merupakan tombak kegiatan usaha manajemen
perusahaan.
Melalui penilaian program komunikasi pemasaran dengan metode
Customer Bonding, semua intensitas program komunikasi pemasaran yang telah
dilakukan pada tahun 2004 di DKI Jakarta dapat diukur satu persatu dan dapat
diketahui tingkatan loyalitas konsumen. Melalu i penilaian program survey yang
dilakukan kepada pihak manajemen perusahaan dan konsumen, yang didukung
dengan perangkat ilmu statistik seperti Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji
Korelasi Kendall, Korelasi Spearmen, dan Uji Crosstab, maka dapat dilakukan
penilaian terhadap sepak terjang program komunikasi pemasaran manajemen
perusahaan dalam usaha meningkatkan loyalitas konsumennya. Data responden
dari pihak perusahaan berjumlah 20 orang dengan Quota Sampling dan data
responden dari pihak konsumen sebanyak 100 orang dengan Stratifikasi.
Melalui penilaian program komunikasi pemasaran, analisa pengolahan data
interpretasi intensitas komunikasi pemasaran menurut manajemen perusahaan
dan konsumen yang meliputi analisa variabel komunikasi pemasaran, mulai dari
Awareness Bonding, Identity Bonding, Relationship Bonding, Community
Bonding, dan Advocacy Bonding tergolong rendah, khususnya Advertising dan
Involving the Community.
Dapat diketahui terjadinya gangguan dan hambatan lainnya pada proses
komunikasi pemasaran mempengaruhi proses sampainya informasi pada
konsumen. Oleh karena itu pihak perusahaan harus mempertahankan intensitas
program komunikasi pemasaran pada beberapa kegiatan komunikasi pemasaran
yang memiliki unggulan, seperti distribusi (outlet), program beasiswa, serta
penggunaan point of purchase materials, serta Melakukan evaluasi terhadap
direct marketing, interactive marketing, aspek -aspek public relation, serta
community bonding sebagai langkah untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas
konsumen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)