Anda belum login :: 23 Nov 2024 14:39 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Konsepsi Belajar dan Motivasi Belajar pada Siswa SMU dan Siswa SMK
Bibliografi
Author:
Gunawan, Valerina
;
PUDJIJOGYANTI A., CLARA R.
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2004
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Valerina Gunawan's Undergraduated Theses.pdf
(376.0KB;
71 download
)
Valerina Gunawan's - INTISARI.pdf
(404.01KB;
5 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-616
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Konsepsi belajar dan motivasi belajar merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar siswa. Pembentukan konsepsi belajar dan motivasi belajar dipengaruhi oleh perbedaan bidang studi yang diambil siswa. Penelitian ini hendak menjawab apakah ada perbedaan Konsepsi Belajar dan Motivasi Belajar Siswa SMU dan Siswa SMK. Penelitian ini mengambil sampel siswa SMU dan siswa SMK kelas dua. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Untuk menganalisis data digunakan teknik statistik uji-t untuk melihat perbedaan konsepsi belajar dan motivasi belajar yang disebabkan oleh perbedaan bidang studi. Sebelum pengambilan data dilakukan tahapan uji coba terhadap alat ukur yang akan digunakan dalam penelitian ini.
Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari Konsepsi Belajar secara umum dan Motivasi Belajar secara umum Siswa SMU dan Siswa SMK. Hasil menunjukkan bahwa hanya satu jenis dari kelima jenis konsepsi belajar yang secara signifikan berbeda yaitu ?Cooperation?. Siswa SMK memiliki jenis konsepsi ?Cooperation? yang secara signifikan lebih tinggi dari yang dimiliki siswa SMU. Dari kelima jenis motivasi belajar, hanya ada satu jenis motivasi belajar yang secara signifikan berbeda yaitu ?Certificate directed?. Siswa SMK memiliki jenis motivasi ?Certificate directed? yang secara signifikan lebih tinggi dari yang dimiliki siswa SMU.
Untuk penelitian selanjutnya penulis menyarankan untuk menggunakan sampel penelitian tidak hanya dari satu sekolah saja, tetapi dari berbagai sekolah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.203125 second(s)