Anda belum login :: 17 Feb 2025 07:37 WIB
Detail
BukuAnalisis Sistem Antrian Menggunakan Teori Antrian dan Simulasi (Studi Kasus Pintu Tol GROGOL)
Bibliografi
Author: Wijaya, Jefry ; Triyanti, Vivi (Advisor)
Topik: Industri Jasa; Pelayanan jalan TOL
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2004    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Jefry Wijaya's Undergraduated Theses.pdf (1.15MB; 164 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-091
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
PT. Jasa Marga Persero adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam industri jasa, dalam hal ini berkaitan dengan penyelenggara jasa jalan tol. Dengan visi dan misi yang secara umum didefinisikan pada ? Memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jalan sebagai penyelenggara jalan tol yang profesional, unggul dan terpercaya ?, maka PT. Jasa Marga menyadari bahwa masalah yang dihadapi disini adalah, sudah optimalkah sistem pelayanan yang ada sekarang? Penelitian dilakukan untuk mendapatkan sistem pelayanan yang menghasilkan performansi sistem terbaik dengan menggunakan ProModel, dimana nantinya sistem tersebut akan menjadi sistem usulan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung pada pintu tol masuk ?Grogol? yang dilakukan dari hari Senin sampai dengan hari Jumat pada jam ? jam sibuk selama sebulan, dimana nantinya data yang didapatkan adalah data jumlah kedatangan per periode waktu dan data waktu pelayanan. Dari data yang ada selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan serangkaian uji statistik, yaitu uji bartlett, uji kruskal ? wallis, uji keseragaman data, uji kecukupan data, uji kebaikan suai. Dimana dari perhitungan didapatkan tingkat kedatangan sebesar 11,795 mobil / menit sedangkan tingkat pelayanan sebesar 7,56 mobil / menit, dengan kata lain kapasitas dari sistem pelayanan sudah mencukupi. Selanjutnya dihitung performansi sistem antrian menggunakan metode OR ( Operational Research ) dengan model multi channel single phase dan metode simulasi dengan ProModel. Analisis dilakukan dengan membandingkan berbagai bentuk dan model sistem pelayanan, yaitu sistem pelayanan ganda dengan sistem pelayanan tunggal, sistem pelayanan without variability dengan sistem with variability, sistem usulan dengan metode karcis langganan dan metode kartu dengan sistem saat ini. Sistem usulan 2 ( metode kartu ) menghasilkan nilai rata ? rata waktu menunggu yang paling kecil, yaitu 0,1838 menit / mobil. Penulis menjadikan sistem usulan 1 ( karcis ) sebagai prioritas, dikarenakan dapat menghasilkan variabel - variabel performansi sistem yang cukup baik dengan pertimbangan investasi yang kecil bila dibandingkan dengan sistem usulan 2.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)