Kualitas pelayanan merupakan modal utama bagi perusahaan jasa untuk menjual produknya, karena kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor utama yang dapat mampu menghadap; persaingan dari perusahaan-perusahaan jasa iainnya pada masa kini dimana dunia persaingan jasa makin ketat dan juga makin bervariasi sehingga setiap perusahaan jasa harus mampu meningkatkan kualitas pelayanannya bila tetap ingin melanjutkan usaha di bidang jasa ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh Hotel Bumikarsa kepada setiap konsumennya. Hotel Bumikarsa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yaitu jasa perhotelan. Jasa psrhotelan saat ini sedang mengalami peningkatan keuntungan yang sangat besar bila dilihat dari semakin banyaknya hotel-hotel baru, sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang tinggi. Hotel Bumikarsa menyediakan fasilitas kamar yang cukup banyak dan juga fasilitas-fasilitas penunjang lainnya sehingga membuat konsumen hotel tersebut menjadi nyaman selama mereka menginap di hotel tersebut. Metode penelitian yang dipakai penulis adalah dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menjawab perumusan masalah yaitu apakah tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh Hotel Bumikarsa memenuhi tingkat kualitas yang diharapkan pelanggan, digunaksn importance performance analysis atau analisa tingkat harapan konsumen dan tingkat pelaksanan. Untuk mengukur tingkat harapan dan kepuasan konsumen, digunakan skala likert. Skala yang digunakan adalah skala lima tingkat. Perhitungannya menggunakan rumus Overall Mean Score (OMS). Selanjutnya akan dihasilkan skor kepuasan dan harapan konsumen yang menjadi dasar dalam perhitungan tingkat kesesuaian konsumen. Tingkat kesesuaian konsumen inilah yang akan menentukan prioritas peningkatan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan pelayanan jasa pada Hotel Bumikarsa telah dilaksanakan dengan baik oleh Hotel Bumikarsa tersebut. Dengan melakukan peningkatan kualitas pelayanannya, diharapkan dapat terus memberikan kepuasan terhadap konsumennya sehingga dapat bersaing dalam menghadapi era globalisasi dan juga telah mempersiapkan dalam menghadapi dunia persaingan bebas. |