Suatu program pelatihan dapat dikatakan efektif dan berhasil bila melalui program tersebut dapat dihasilkan karyawan-karyawan yang mempunyai pengetahuan yang semakin baik, keahlian dan perilaku yang mendorong terciptanya tingkat produktivitas yang lebih baik sehingga target penjualan dapat tercapai dan distribusi dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dalam usaha meningkatkan produktivitas karyawan, PT Friesche Flag Indonesia melaksanakan program pelatihan guna meningkatkan pencapaian target penjualan. Dalam melakukan penelitian mengenai program pelatihan pada PT Friesche Flag Indonesia ini, penulis menghitung korelasi antara rata-rata frekuensi pelatihan (X1) dan lama bekerja (X2) terhadap target penjualan dari para karyawan PT Friesche Flag Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat memperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan program pelatihan (X1) di PT Friesche Flag Indonesia ini memang memberikan dampak yang baik dalam menunjang peningkatan produktivitas karyawan yaitu sebesar 87,42% sementara sisanya sebesar 12,58% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Sedangkan faktor lama bekerja juga memberikan dampak yang baik dalam menunjang peningkatan produktivitas karyawan yaitu sebesar 94,67% sementara sisanya sebesar 5,33% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji statistik dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara pelaksanaan program pelatihan dan faktor lama bekerja dengan peningkatan produktivitas. |