Anda belum login :: 23 Nov 2024 17:46 WIB
Detail
BukuAnalisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Dharma Nugraha
Bibliografi
Author: Paramos, Jeriko ; Endropranoto, Nugroho (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2004    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Jeriko Paramos' Undergraduated Theses.pdf (273.0KB; 38 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-4983
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penulisan skripsi ini dibuat untuk dapat mengetahui sampai sejauh mana
konsumen merasa puas atas kinerja dan pelayanan di Rumah Sakit Dharma
Nugraha.
Obyek Penelitian penulis adalah pasien yang sedang menjalani rawat
inap dan pasien eks rawat inap di Rumah Sakit Dharma Nugraha. Penulis
melakukan penelitian dengan jalan menyebarkan kuesioner kepada 100
responden, diantaranya 50 responden pasien yang sedang menjalani rawat
inap dan 50 responden pasien eks rawat inap di Rumah Sakit Dharma
Nugraha. Data yang diperoleh dari kuesioner diolah dengan skala likert dan
xvii
disajikan kedalam bentuk gambar dan table. Untuk melihat persepsi konsumen
yang berhubungan dengan kualitas pelayanan Rumah Sakit Dharma Nugraha,
penulis menggunakan Importance Performance Analysis.
Dari hasil penelitian tersebut, penulis memperoleh kesimpulan bahwa
faktor-faktor yang harus diperhatikan dan diperbaiki kinerjanya oleh pihak
Rumah Sakit adalah prosedur pelayanannya, jadwal pelayanan Rumah Sakit
dan perhatian pihak rumah sakit baik kepada pasien maupun keluarganya.
Faktor-faktor yang membuat pasien merasa puas adalah Kemampuan dan
ketrampilan dokter dan perawat dalam menjalankan tugasnya, pelayanan yang
sopan dan ramah, kebersihan dan kenyamanan ruangan, pelayanan kepada
pasien tanpa memandang status sosialnya dan, serta tersedianya pelayanan
dokter ahli yang lengkap. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan oleh pihak
Rumah Sakit, walaupun tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan secara
keseluruhan yaitu, pemberian informasi oleh petugas, tindakan yang cepat
pada saat pasien membutuhkan, kerapihan dan kebersihan penampilan
petugas, menu dan cita rasa makanan yang diberikan kepada pasien, lokasi
Rumah Sakit, serta biaya-biaya yang ditawarkan. Faktor-Faktor yang telah
sangat baik dilakukan oleh pihak Rumah Sakit adalah penataan ruangan serta
kelengkapan, kesiapan, dan kebersihan alat-alat yang dipakai.
Dari hasil kesimpulan di atas, maka penulis dapat menarik kesimpulan
bahwa responden merasa puas terhadap kualitas pelayanan rawat inap yang
diberikan oleh Rumah Sakit Dharma Nugraha.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)