Penulisan skripsi ini dibuat untuk dapat mengetahui sampai sejauh mana konsumen merasa puas atas kinerja dan pelayanan di Rumah Sakit Dharma Nugraha. Obyek Penelitian penulis adalah pasien yang sedang menjalani rawat inap dan pasien eks rawat inap di Rumah Sakit Dharma Nugraha. Penulis melakukan penelitian dengan jalan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden, diantaranya 50 responden pasien yang sedang menjalani rawat inap dan 50 responden pasien eks rawat inap di Rumah Sakit Dharma Nugraha. Data yang diperoleh dari kuesioner diolah dengan skala likert dan xvii disajikan kedalam bentuk gambar dan table. Untuk melihat persepsi konsumen yang berhubungan dengan kualitas pelayanan Rumah Sakit Dharma Nugraha, penulis menggunakan Importance Performance Analysis. Dari hasil penelitian tersebut, penulis memperoleh kesimpulan bahwa faktor-faktor yang harus diperhatikan dan diperbaiki kinerjanya oleh pihak Rumah Sakit adalah prosedur pelayanannya, jadwal pelayanan Rumah Sakit dan perhatian pihak rumah sakit baik kepada pasien maupun keluarganya. Faktor-faktor yang membuat pasien merasa puas adalah Kemampuan dan ketrampilan dokter dan perawat dalam menjalankan tugasnya, pelayanan yang sopan dan ramah, kebersihan dan kenyamanan ruangan, pelayanan kepada pasien tanpa memandang status sosialnya dan, serta tersedianya pelayanan dokter ahli yang lengkap. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan oleh pihak Rumah Sakit, walaupun tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan secara keseluruhan yaitu, pemberian informasi oleh petugas, tindakan yang cepat pada saat pasien membutuhkan, kerapihan dan kebersihan penampilan petugas, menu dan cita rasa makanan yang diberikan kepada pasien, lokasi Rumah Sakit, serta biaya-biaya yang ditawarkan. Faktor-Faktor yang telah sangat baik dilakukan oleh pihak Rumah Sakit adalah penataan ruangan serta kelengkapan, kesiapan, dan kebersihan alat-alat yang dipakai. Dari hasil kesimpulan di atas, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa responden merasa puas terhadap kualitas pelayanan rawat inap yang diberikan oleh Rumah Sakit Dharma Nugraha. |