Sejalan dengan perkembangan industri asuransi jiwa dewasa ini, maka kondisi pasar semakin kompetitif seiring dengan makin banyaknya perusahaan asuransi yang bermunculan dan konsumen yang semakin kritis dalam menentukan pilihannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pertimbangan konsumen dalam memilih asuransi jiwa, dan faktor manakah yang paling penting bagi mereka. Dalam penelitian ini, faktor-faktor yang ditinjau adalah produk, agen asuransi jiwa, harga, pengaruh lingkungan, aspek psikologis, dan proses. Data-data penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara langsung, penyebaran kuesioner terhadap 200 responden, yaitu para pekerja kantoran di jalan Jenderal Sudirman, serta melalui riset kepustakaan. Analisis hasil penelitian dilakukan dengan tabel distribusi frekuensi, tabel rata-rata peringkat dan tabulasi silang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa faktor produk merupakan faktor pertimbangan utama bagi responden dalam memilih asuransi jiwa. |